Cara Membuat Mie Sagu Khas Selat Panjang Riau Yang Enak

Cara Membuat Mie Sagu Khas Selat Panjang Riau Yang Enak - Hai Bunda, sahabat Pos-nya resep masakan Indonesia. Nah kali ini aku ingin membahas sedikit tentang Mie Sagu yang menjadi kebanggaan masyarakat pesisir di provinsi Riau ini. Sebelumnya Bunda akan aku perkenalkan dengan Mie Sagu dan juga daerah asalnya tersebut. Mie Sagu, ya ini adalah Mie Sagu yang pada dasarnya adalah sejenis mie kering pada umumnya. Bisa saja hampir mirip seperti mie lainnya, tapi kurang tepat bun! Mirip? Ngga juga, cuma memang sejenis Mie namun yang menjadi pembeda adalah? (Untuk mengetahui apa keunikan dari Mie Sagu dari mie lainnya, aku harap bunda baca terus artikel ini sampai habis).

Mie Sagu adalah salah satu kuliner yang paling khas bagi masyarakat Riau, khususnya bagi masyarakat pesisir tepatnya di Pulau Merbau, Rangsang dan Tebing Tinggi yang kalau disingkat menjadi MERANTI. Meranti merupakan sebuah nama kabupaten termuda di Riau, bekas pemekaran dari kabupaten Bengkalis, sekarang menjadi satu nama Kabupaten yaitu Kepulauan Meranti yang telah terbentuk sejak 19 Desember 2008 dan diresmikan berdasarkan undang-undang pada 16 Desember 2009 dan Selat Panjang menjadi ibukotanya kabupaten ini serta disebut juga sebagai "Selatpanjang Kota Sagu".

Meranti memiliki penghasilan dari perkebunan seperti Sagu, karet dan juga hasil laut yang melimpah karena dikelilingi oleh pulau, sehingga alasan ini kabupaten tersebut menyandang nama Kepulauan. Selain itu, penghasil terbesar daerah ini adalah Sagu loh. Tekstur tanah yang tergolong tanah gambut, maka pohon sagu paling cocok hidup di daerah ini sehingga menjadi daerah yang membuat tepung sagu dan pengekspor olahan sagu terbesar di dunia dengan kualitas terbaik di pasar global. Pohon sagu ini tumbuh dengan cara menyebar meskipun tanpa ada perawatan sedikitpun dan ada juga yang membudidayakan kebun sagu sendiri. Dari situlah daerah ini terkenal dengan olahan-olah sagu seperti mie sagu yang kita bahas hari ini.

Cara Memasak Mie Sagu Yang Enak

(Sumber gambar: Mie Sagu Selatpanjang) - Tekstur yang kenyal dengan manfaat yang tinggi karena mempunyai karbohidrat yang tinggi pula. Spesialnya lagi mie sagu ini adalah menjadi makanan diet sehat bagi penderita kencing manis atau diabetes. Diet dengan menyantap makanan dari sagu terbukti mampu menurunkan gula darah penderita diabetes, karena kandungan karbohidrat dalam sagu sangat rendah sekali. Sangat bagus loh jika ada yang menderita penyakit tersebut, dan yang harus kamu tahu lagi tentang olahan sagu di Selat Panjang khususnya seperti Rendang Sagu, Sempolet, Kepurun, Kerupuk Sagu, Regginang Sagu, Brownies Sagu, cendol sagu, sagu lemak, sagu telur dan banyak lagi, pokoknya banyaklah Bun totalnya 300an olahan hehehe.

Dari zaman tetua dahulu alias nenek moyang, Mie Sagu sudah ada menjadi panganan paling diminati sampai hari ini. Ciri khas mie sagu asli buatan masyarakat Selatpanjang dan sekitarnya yakni adanya tambahan ikan teri (bilis), potongan daun kucai dan campuran tauge. Pembeda Mie Sagu dengan mie lainnya adalah kekenyalannya dan sangat berbeda sekali dengan mie yang biasanya berbahan dasar tepung terigu baik mie sagu mentah maupun yang sudah diolah menjadi mie sagu goreng atau mie sagu kuah. Selain di Selatpanjang, mie sagu juga bisa didapatkan atau di jual di pekanbaru dan untuk sementara ini kota besar seperti jakarta belum bisa anda dapatkan, namun anda bisa langsung membelinya melalui blog ini loh, promo sedikit ya ngga apa-apalah hehe.

Sekarang sudah ya bun untuk perkenalan Mie Sagu nya, saat ini aku ingin mencoba memberi resep dan cara memasak mie sagu yang enak. Ada dua resep loh, yang pertama cara memasak mie sagu goreng, dan yang kedua resep mie sagu kuah. Mau tahu resep mie sagu khas Selat Panjang Riau? Oya, kami juga jual mie sagu mentah Asli Selat Panjang Riau di Pekanbaru, untuk di Jakarta, Bengkalis dan keseluruh Indonesia sehingga anda bisa mencoba resep olahan adonan sagu ini sendiri serta jadi peluang usaha kuliner anda juga. Maaf ya, promosi lagi bun hehe, yuk langsung simak langkah-langkah mudahnya seperti berikut ini.

Bahan Membuat Mie Sagu: Mie Sagu mentah 1/2 Kg (1 bungkus), bawah putih 2 siung, bawang merah 2 siung, cabe merah 1/2 ons, cabe rawit 3 buah, garam halus secukupnya, penyedap rasa juga secukupnya, telor ayam 1 butir, udang yang sudah kuliti 1/2 ons, bilis atau ikan teri secukupnya, dan air putih 1 liter atau secukupnya.

Cara Memasak Mie Sagu Kuah

  1. Haluskan bawah putih, bawang merah, cabe merah dan cabe rawit. Kemudian ambil mie sagu mentah, cuci dengan air bersih sebentar lalu tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak makan, lalu masukkan ikan teri dan masak hingga kecokelatan.
  3. Sekarang, bunda tumis bahan atau bumbu yang sudah kita haluskan tadi. Tumis, jangan lupa udangnya juga ditumis dan aduk sampai rata hingga mengeluarkan aroma sedap khas si bumbu.
  4. Masukkan air untuk dijadikan kuah mie sagunya, dan masukkan telur dan aduk hingga matang.
  5. Selanjutnya tahap penentu, masukkan mie sagu tadi kedalam olahan sebelumnya. Jangan lupa diaduk merata, dan masukkan garam juga penyedap rasa secukupnya. Masak sampai matang, jangan biarkan terlalu lama karena mie sagu mudah mengembang. Dan hal itu akan mengurangi kelezatan yang khas dari mie sagu tersebut. Jangan lupa dirasakan, karena lidah kita sungguh berbeda loh tentang kesukaan rasa. Selesai bunda.
  6. Terakhir, angkat dan hidangkan dipiring. Untuk 1/2 kg bisa untuk 3 s/d 4 porsi loh, khusus untuk mie sagu berkuah.
Catatan Penting ting ting ting: Untuk bunda yang mau membuat mie sagu goreng atau disini sebutannya "mie sagu kering", bunda tinggal minghilangkan bahan "air 1 liter" itu. Dan atau jika ingin memasak mie sagu lembab atau basah, gunakan sedikit air loh ya. Dan ingat lagi, jangan lupa dicicipin saat menambahkan garam karena lidah kita memiliki selera yang berbeda loh ya. Hehehe.

Jual Mie Sagu Mentah Khas Riau
Nah, bagi bunda yang penasaran paket banget dan pengen mencobanya sendiri nih. Silahkan mencobanya langsung ya di rumah dan dapur bunda. "Eh sebentar mbak, Mie Sagu nya kita ngga ada loh. Gimana cara ngadepetin Mie Sagu yang ngga ada di kota kami?" Gampang itu bunda-bunda yang cakep, mamah muda, dan lain-lainnya hehehe. Bunda bisa membelinya langsung dari penjualnya yang asli dari Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau tersebut. Untuk harga biasanya yang aku tahu itu Rp 8000 Rupiah per bungkus dengan 1 bungkusnya 1/2 Kg. Kalo mau tahu informasinya silahkan hubungi beliau ya, bisa hubungi Nomer Handphone beliau 082283544424 atau bunda langsung hubungi beliau dengan cara Klik "Beli Sekarang" pada gambar diatas itu bun. Oke Bundaku sahabat-nya Pos resep masakan Nusantara, selamat mencoba..