Pos Resep akan berfungsi dengan baik menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox
Masakan Khas Imlek Yang Wajib Ada dan Harus Kamu Ketahui

Masakan Khas Imlek Yang Wajib Ada dan Harus Kamu Ketahui

Masakan Khas Imlek Yang Wajib Ada dan Harus Kamu Ketahui

Masakan khas imlek - Hai sobat, sudah lama aku tidak memberikan sedikit tips dari beberapa resep di blog ini. Pasti semua pembaca aku disini menantikan kehadiran tulisan terbaru dari admin yang tidak imut dan tidak cerdas ini hehe. Nah kali ini aku ingin membahas tentang makanan yang wajib ada saat imlek, dan apa saja sih menu wajib ketika imlek tersebut ? Daripada penasaran yuk langsung dibaca tulisan singkat dari admin ini sobat, bagi yang bukan tionghoa wajib tahu nih. Dan untuk teman-teman tiong hoa yang sedang merayakannya, tidak sengaja membaca tulisan ini dipersilahkan untuk menambahkan menu wajib ada saat imlek ini.

Yang pertama itu dan paling utama adalah kue keranjang sobat, bagi kamu yang orang tiong hoa pasti tahu tentang kue yang satu ini. Tapi bagaimana dengan kita yang tidak merayakannya seperti saya ini, jadi disinilah kalian semua akan mengetahui sedikit wawasan tentang suku tiong hoa di Indonesia. Berikut jenis menu wajib saat imlek yang harus kamu ketahui.

Kue Keranjang

Beberapa waktu bahkan tahun lalu admin sudah memberikan tulisan juga loh tentang resep kue keranjang ini. Tetapi tahukah anda bahwa kue keranjang ini adalah makanan yang paling wajib loh. Apa alasannya ?
Kue manis yang bertekstur lengket ini terbuat dengan bahan sederhana yakni berbaha tepung ketan dan banyak campuran gula merah. Jika kita bandingkan dengan kue yang menjadi ciri khas Indonesia, kue keranjang ini hampir mirip loh seperti dodol dan paling penting serta sering disebut oleh rakyat pribumi adalah dengan sebutan dodol Cina.

Kue keranjang biasanya digunakan sebagai sesembahan saat upacara sembahyang kepada semua leluhur meraka. Bentuk bulat kue tersebut biasanya disimbolkan sebagai sebuah harapan bagi keluarga agar dapat selalu bersatu selamanya dan rukun dalam setiap menghadapi cobaan kehidupan untuk setahun yang ada dijalani kedepannya. Kue disusun semakin kecil keatas ini dapat memberi lambang terhadap peningkatan atas rezeki meraka dan diberikan kemakmuran. Nah ada lagi nih sobat, tekstur lengketnya juga ada maknanya loh, yaitu melambangkan keakraban dan kedekatan antar anggota keluarga. Jadi begitulah pentingnya si kue keranjang ini saat imlek.
Baca juga resep kue lapis legit

Jeruk Mandarin

Pernah dong melihat teman tiong hoa kamu saat imlek, pasti ada saja kalau lagi ngumpul oleh - olehnya ya jeruk mandarin ini. Tidak di China maupun Indonesia, pasti kalian pernah melihatnya baik di televisi ataupun ditetangga dekat kalian. Ini bukanlah masakan atau jenis makanan ya, tetapi buah. Ada loh artinya tentang buah jeruk ini. Apa sih arti dan maknanya bagi mereka ? Biasanya jeruk yang dsajikan adalah buah jeruk yang punya daun pada tangkainya. Pasti pernah dong melihatnya, ada dua daun pada setiap buah tersebut. Nah itulah yang biasanya ada saat imlek. Simbol dari buah tersebut adalah merupakan simbol kemakmuran dan kekayaan yang akan selalu terus tumbuh, hal itu bisa anda lihat dari warna jeruk yang kuning keemasan.

Mie Panjang atau Sui Mie
Ada mie instan, mie sagu, mie kuning. Nah sekarang adapula Mie panjang yang disebut dengan Siu Mie! Mie ini biasanya mereka bikin sendiri atau membeli loh. Tekstur yang kenyal dan rasa yang pasti gurih, serta dengan ciri khas panjangnya ini mempunyai sedikit arti yang bermakna bagi mereka yakni sebagai simbol panjang umur, kebahagiaan yang panjang dan rejeki yang sangat melimpah.

Menu Ayam, Ikan dan Babi!

Tidak lengkap rasanya saat imlek tidak ada ketiga menu ini di meja makan. Hidangan yang sangat spesial saat imlek loh. Dari ketiga menu ini punya simbol masing - masing loh disetiap menunya. Pertama, ikan yang bermakna sebagai simbol keberuntungan dan jika disajikan secara utuh bersimbolkan sebagai keutuhan sebuah keluarga besar mereka. Yang kedua adalah menu ayam melambangkan sifat keserakahan! Nah ini yang paling menarik. Babi! yang kita kenal sebagai hewan pemalas, dilambangkan agar sifat yang buruk ini tidak masuk di dalam rumah mereka.

Apa Lagi Ya! Menu Imlek Yang Kamu Ketahui ?

Wah, yang admin ketahui hanya sebatas jenis masakan dan makan diatas loh. Apa ya kira - kira ? Bagi teman - teman yang bisa menambahkannya bisa nih langsung di kolom komentar. Hari ini kita saling berbagi wawasan sederhana tentang imlek, meskipun saya tidak merayakannya. Coba deh sekarang Share keteman - teman kamu yang tahu, apalagi coba share ke teman tiong hoa kamu biar mereka sebutkan.

Mungkin itulah sedikit wawasan admin tentang menu masakan saat imlek sobat, jadi jangan lupa like dan comment apa yang kamu ketahui di artikel ini ya. Caranya langsung komentar kok, mudah bukan ?
Baca deh cara membuat kue bulan khas imlek
Read More