Pos Resep akan berfungsi dengan baik menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox

Cara Membuat Semur Jengkol Yang Enak Dan Tidak Berbau

Cara Membuat Semur Jengkol Yang Enak Dan Tidak Berbau

Resep semur jengkol betawi asli - Hallo sobat pos, apa kabar kalian semuanya ? Bagaimana dengan resep - resep masakan yang sudah admin bagikan tempo hari, apakah sudah dicoba dan bermanfaat ? Jika bermanfaat mohon dibagikan kepada teman yang lainnya ya, agar teman yang lain juga bisa mencoba serta mengetahui beberapa cara memasak seperti yang tertulis di blog ini resepku mana resepmu bunda. Nah kali ini admin akan berbagi tentang bagaimana cara membuat semur jengkol yang lezat. Untuk resep semur jengkol sebenarnya berasal dari Indonesia, untuk asalnya admin belum tahu. Karena semur jengkol ada yang bilang asli dari suku betawi yaitu kota jakarta dan ada pula yang menyebutkan bahwa resep semur jengkol itu khas dari sunda, jawa barat. Mau resep semur jengkol betawi dan sunda, yang jelas sama-sama nikmatnya.

Bicara tentang semur jengkol nih, di daerah padang memiliki keistimewaan tersendiri yaitu dibuat menjadi rendang loh sobat. Untuk resep rendang jengkol padang yang spesial ini akan admin bahas dipertemuan berikutnya, sebenarnya betawi juga bisa sih membuat rendang jengkol tersebut, tapi yang namanya rendang pasti dari sumatera barat, nah dan hari ini kita akan fokus membahas resep semur jengkol khas betawi asli dan semur jengkol khas sunda karena kedua daerah ini menggunakan bahan dan cara membuat semur jengkol yang sama. Biasanya semur itu memiliki campuran beberapa bumbu, seperti ketumbar, cabe atau cabai, garam dan tidak lupa kecap. Nah untuk membuat semur jengkol kita menggunakan kecap bango, karena mampu membuat rasa semurnya menjadi enak.
Baca juga resep semur telur puyuh
Bagi setiap orang mengkonsumsi jengkol seringkali membuat perut eneg, tenggorokan ngga nerima dan yang paling parahnya lagi adalah bau mulut atau nafas tidak segar dan terakhir jika buang air kecil itu hemm bau nya minta ampun. Tapi kali ini blog ini resepku mencoba untuk membuat resep semur jengkol tidak bau jika di makan sehingga menjadi menu utama makan siang anda yang spesial ala sunda dan betawi. Masakan ini ada dua bahan pembuatannya yaitu menggunakan kecap yaitu semur kecap dan semur jengkol balado khas padang dengan rasa pedas nya. Untuk rasa semur jengkol yang sederhana dan paling enak ini bisa di campur santan atau tidak, dan yang terpenting tekstur empuk dari jengkol itu sendiri harus diperhatikan sobat.

Banyak yang bertanya, apakah bahan dan cara membuat semur jengkol yang enak agar tidak bau ini susah bunda ? Apakah bisa kita membuat jengkol itu tidak ber bau ? Anda tenang saja sobat, dengan melihat artikel ini cara membuat semur jengkol khas sunda atau semur jengkol betawi kecap ini akan sangat mudah sekali, dalam waktu lima menit anda sudah bisa menyantapnya dan paling penting adalah tidak bau setelah mengkonsumsinya. Langsung saya ya guys, untuk membuat semur jengkol empuk ini anda bisa membaca dan melihat bahan serta cara pengolahannya, berikut cara singkat untuk anda.

Bahan Semur Jengkol

  • 600 gram jengkol, direbus
  • 6 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 7 buah kemiri
  • 6 butir cengkeh
  • 2 buah pala
  • Air bersih secukupnya
  • Lada atau merica secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • Kecap manis bango secukupnya
Baca juga cara membuat semur tahu

Cara Membuat Semur Jengkol Kecap

  • Langkah pertama, tumis bumbu yang dihaluskan, seperti bawang putih, kemiri dan bawang merah menggunakan minyak goreng
  • Kedua, masukkan jengkol yang sudah direbus dan ditumbuk agar empuk. Masukkan jengkol tersebut kedalam bahan tumisan dan tambahkan kayu manis, buah pala, cengkeh dan terakhir tuangkan air secukupnya.
  • Nah kemudian masukkan merica, gula jawa dan terakhir adalah garam halus, biarkan sebentar lalu cicipi. Jika rasanya sudah pas, tinggal menunggu bumbu meresap dan jika belum silahkan tambahkan bumbu yang kurang bun. selesai.
  • Tips anti bau ala ini resepku mana resepmu: pertama ketika merebus jengkol, ganti air rebusan sebanyak tiga kali saat masa perebusan atau bisa juga air rebusan anda tambah dengan daun jeruk nipis, daun jambu biji guys. Nah setelah makan atau mengkonsumsi silahkan ambil timun untuk penutupnya agar tidak bau setelah makan semur jengkol, selesai.

Guys, resep dan cara membuat semur jengkol kecap khas sunda betawi yang enak dan tidak bau ini sudah selesai guys. Sekarang tinggal anda coba di rumah masing-masing, dan untuk tips agar tida bau silahkan anda pilih ya, atau setelah makan semur jengkol anda bisa menggosok gigi anda agar baunya tidak nempel hehe. Terakhir yang admin minta dari kalian adalah, jangan lupa berbagi baik itu berbagi semur nya kepada admin atau membagikan resep semur jengkol ini kepada teman kalian melalui facebook dan twitter. Untuk rendang jengkol khas padang nantinya akan menjadi pembahasan kita selanjutnya ya, jadi tunggu saja semoga bermanfaat.
Simak juga: cara membuat tempe bacem
Dapatkan resep masakan terbaru dari email anda:

0 Response to "Cara Membuat Semur Jengkol Yang Enak Dan Tidak Berbau"

Post a Comment