Cara Membuat Tape Singkong Yang Manis dan Enak Sederhana

Cara membuat tape singkong manis dan enak - Hallo sobat pos berjumpa lagi bersama admin yang selalu berbagi ilmu dan kebaikan bagi kita. Pada kali ini admin akan membahas tentang cara membuat tape singkong sederhana yang dimana pada mesin pencari seperti google sudah banyak artikel dan tutorialnya, namun karena ini berbicara tentang ilmu serta sebuah dokumentasi maka admin juga akan membagikan makanan tradisional Indonesia ini sebagai bahan referensi. Menurut pakar kuliner, makanan ini paling banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia khususnya sehingga makanan ini tidak pernah hilang dimakan zaman meskipun banyaknya makanan-makanan modern yang masuk di tanah air kita tercinta.

Singkong atau ubi kayu dengan karbohidrat tinggi yang kita kenal ini merupakan salah tanaman berjenis umbi-umbian dan sering kali tumbuh dengan mudah dipekarangan rumah kita. Salah satu jenis makanan pokok orang Indonesia ini mampu dihasilkan berbagai banyak olahan seperti kue klepon singkong, getuk, kripik, es krim, dan lain sebagainya termasuk tape ini sendiri.

Tentang tape singkong mungkin anda sudah tahu bagaimana prosesnya dan pastinya yang kita ketahui adalah pada proses fermentasi karena hal ini yang tersulit dan paling wajib dalam proses cara membuat tape singkong bondowoso ini. Proses pembuatan fermentasi sebenarnya bertujuan untuk mengurai kandungan gula yang ada pada singkong sehingga menjadi alkohol atau asam sehingga tape yang dibuat akan terasa manis. Hal permentasi ini juga digunakan pada proses-proses pembuatan tape lainnya seperti tape ketan dan tape beras sobat.

Selain rasa unik yang dimiliki oleh tape ini, rupanya tape juga memiliki khasiat, konon katanya tape singkong ini dipercaya mempunyai kegunaan atau manfaat untuk tubuh hal itu dipercaya hingga saat ini dan hal tersebut sudah diteliti secara medis. Meskipun sudah diteliti dan memiliki ragam manfaat, jelas sekali dalam mengkonsumsinya tidak boleh berlebihan karena ditakutkan hal yang berguna menjadi merugikan bagi tubuh karena efek samping berlebihan tadi.
Cara Membuat Tape Singkong Yang Manis dan Enak Sederhana

Sejarah Singkat Tape atau Tapai Singkong di Indonesia

Di Indonesia makanan ini disebut dengan tape, namun untuk suku melayu seperti di Riau yang terletak di pulau sumatera contohnya, mereka menyebutnya dengan tapai. Bukan hanya di Riau saja bahkan di Malaysia, Singapura, dan Brunei juga menyebutkan hal yang sama seperti masyarakat melayu pada umumnya. Asal usul tape ini belum diketahui pasti, beberapa orang mengatakan bahwa tape ini berasal dari pulau jawa dan di jawa tape ini sering disebut dengan nama tape telo yang berarti singkong. Makanan ini juga tidak hanya dimiliki oleh Indonesia dan tiga negara tersebut sobat, karena negara lainnya juga ada seperti Filipina menyebutnya dengan nama basi binubran, chao-mak di Thailand dan chao yang umumnya dari Kamboja. Jika ditelusuri lebih jauh kebelakang kesemua negara tersebut adalah negara yang pernah dikuasai oleh kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang pusatnya ada di Indonesia, jadi tidak heran makanan ini terdapat pada masing-masing negara yang disebutkan tadi.

Kandungan Gizi dan Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan

Disaat anda ingin membuat tape, mungkin anda akan memilih dari kedua bahan pembuatan tape ini memiliki varian atau jenis yang berbeda melalui warna yaitu singkong putih dan kuning. Namun anda harus mengetahuinya bahwa dari kedua jenis ubi kayu ini memiliki kandungan gizi singkong per 100 gram yang berbeda didua jenis ini. Tetapi pada dasarnya kandungannya hanya berselisih sedikit, jadi anda tidak perlu bingung untuk menggunakannya. Mau singkong atau putih, silahkan dan tidak berpengaruh pada hasil akhirnya. Berikut kandungan ubi kayu per 100 gram yang bersumber dari Direktorat Gizi, Depkes RI tahun 1981.
NO UNSUR/NILAI GIZI SINGKONG PUTIH SINGKONG KUNING
1 Protein (g) 1,20 0,80
2 Karbohidrat (g) 34,70 37,90
3 Fosfor (mg) 40 40
4 Vitamin A (SI) 0 380
5 Vitamin C (mg) 30 30
6 Kalori (kal) 146 147
7 Lemak (g) 0,30 0,30
8 Kalsium (mg) 33 33
9 Zat Besi (mg) 0,70 0,70
10 Vitamin B1 (mg) 0,06 0,06
11 Kandungan Air (g) 62,5 60
12 Bagian Bisa Dimakan (%) 75 75
Sumber: multiple myeloma symptoms of end stage

Dari tabel diatas nilai gizi yang terkandung di dalam 100 gram singkong putih dan singkong kuning memiliki perbedaan gizi yang cukup sedikit. Rupanya bukan hanya bahannya yang memiliki gizi, namun olahan singkong sehingga menjadi makanan seperti tape ini juga memiliki banyak manfaat salah satunya untuk meningkatkan manfaat seksualitas bagi pasangan suami istri, selain itu juga memperbaiki stamina setelah seharian menguras tenaga akibat bekerja. Banyak sekali orang-orang yang suka memakan tape namun tidak tahu banyak mengenai khasiat yang baik bagi tubuh kita, beragam manfaat dihasilkan dari olahan singkong yang difermentasi ini mampu menyehatkan tubuh. Adapun manfaat tape bagi tubuh manusia juga khasiat tape singkong bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
  1. Hasil olahan fermentasi singkong ini mengandung alkohol yang sangat sedikit hingga mampu menghangatkan tubuh, namun jangan berlebihan karena bisa membuat tubuh anda akan keracunan dan mabuk.
  2. Meningkatkan manfaat seksual, karena tape memiliki energi yang bertahap.
  3. Kadar karbohidrat pada tape sangat tinggi hingga mampu memberikan energi dan stamina bagi para pekerja keras.
  4. Mampu menghilangkan jerawat yang terdapat pada wajah.
  5. Memiliki lemak yang sangat rendah, tapi juga bermanfaat bagi wanita yang sedang melakukan program diet berat badan.
  6. Proses fermentasi tape melibatkan mikroorganisme sehingga mengkonsumsi tape bisa menghasilkan cairan probiotik.
  7. Meningkatkan syaraf dan otot serta membantu meningkatkan saluran pencernaan.
  8. Membantu menghasilkan sel darah merah sehingga mencegah dari penyakit anemia.
  9. Mengurangi penyakit ambeyen atau wasir, sangat baik dikonsumsi setiap hari.

Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Enak Sederhana

Anda sudah mengetahui sejarah atau asal-usul tape secara singkat, manfaat dan khasiatnya yang terkandung dalam makanan tradisional ini sehingga sangat baik bagi tubuh manusia serta nilai atau unsur gizi pada bahan dasar membuat tape ini sudah diketahui. Sekarang bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat tape dari awal hingga proses fermentasi ini silahkan anda lihat semuanya dibawah ini. Disebutkan bahan yang diperlukan hingga proses cara membuat tape singkong manis bioteknologi ini.

Bahan Dasar Pembuatan Tape Singkong

  • 1,5 kilogram singkong putih atau singkong kuning
  • 1,5 butir ragi tape
  • 2 liter air bersih, untuk mencuci singkong
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 500 ml air panas

Cara Membuat Tape Singkong Khas Bondowoso

  • Pertama kupas singkong, lalu bersihkan dengan 1 liter air. Potong singkong sepanjang 7 s/d 10 cm, lalu bersihkan kembali dengan 1 liter air, letakkan pada wadah yang berlubang lalu tuang air panas. Tujuannya agar terkontaminasi dengan zat lainnya, karena akan mempengaruhi hasil akhir fermentasi.
  • Kukus ubi kayu atau singkong hingga matang, dan ingat jangan terlalu lembut karena hasil akhirnya adalah tape sehingga menjadi terlalu lembut atau lembek.
  • Angkat singkong yang telah dikukus, lalu biarkan dingin. Jangan pernah sekali-sekali menyentuh singkong menggunakan tangan secara langsung, gunakan sarung plastik atau garpu. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil akhir nanti, karena kontaminasi zat asing pada tahap fermentasi nantinya.
  • Siapkan wadah, bisa gunakan baskom besar yang sudah dialasi tepiannya dengan daun singkong atau daun pisang yang sudah dibersihkan.
  • Hancurkan ragi tape lalu taburkan kedalam piring.
  • Susunlah singkong dengan meletakkannya menggunakan garpu kedalam baskom besar pada susunan pertama lalu taburkan ragi dan gula, susun lagi disusunan kedua taburkan kembali ragi dan gula hingga ragi dan singkong kukus habis tersusun rapi.
  • Tutup permukaan baskom yang berisi singkong dan taburan ragi menggunakan daun pisang, lalu tutup lagi hingga rapat dengan penutup baskom atau penutup wadah yang anda gunakan.
  • Terakhir proses fermentasi dengan mendiamkannya selamat 48 jam atau 2 hari 2 malam, lalu silahkan cek menggunakan garpu. Jika sudah lembek seperti tape pada umumnya, berarti tape yang anda buat sudah siap dinikmati.

Demikian cara membuat tape singkong manis dan enak yang telah admin bagikan kepada anda semuanya, semoga bermanfaat dan menjadi referensi terlengkap yang pernah ada di blog ini. Jangan lupa bagikan resep ini melalui jejaring sosial anda miliki. Jika ada beberapa pertanyaan dibenak anda, silahkan tanyakan pada kolom komentar yang telah tersedia, semoga bermanfaat dan salam ngiler.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Membuat Tape Singkong Yang Manis dan Enak Sederhana"