Resep Bir Pletok, Resep Minuman Enak Betawi Yang Halal

Resep bir pletok, resep minuman khas betawi - Kembali lagi bersama ane bro, mumpung kagak kuliah ni hari ane akan berbagi minuman tradisional dari betawi yaitu bir pletok, kemarin juga ane udah memberikan resep minuman untuk diet sehat, coba deh baca susu kedelai untuk diet sehat. Nah, Sekarang Pasti kalian bertanya-tanya, kenapa sih harus bir ? Bir itu kan haram dalam agama islam. Nggak kok sob, bir ini tidak mengandung alkohol namun mengandung rempah-rempah seperti jahe, kapulaga, dan lain-lainnya yang bisa menghangatkan badan kita. Cocok nih kayak ane yang sekarang tinggal didaerah dingin seperti bandung ini. Asal mulanya bir pletok ini sudah dikenal pada zaman penjajahan belanda, karena melihat para londo yang sering mabuk-mabukan ama yang namanya bir, orang betawi berinisiatif untuk membuat bir yang menyehatkan badan ini. Bagaimana cara membuat bir pletok ini, langsung saja kita simak aja yuk.

Bahan Membuat Bir Pletok

  • 3 liter air
  • 4 buah kapulaga
  • 7 butir cengkeh
  • 1 buah pala (memarkan)
  • 6 batang serai (memarkan)
  • 6 cm kayu manis
  • 400 gram jahe (memarkan)
  • 30 gram kayu secang
  • Garam secukupnya, dan
  • 450 gram gula pasir
Resep Bir Pletok, Resep Minuman Enak Betawi Yang Halal

Cara Membuat Bir Pletok

  • Rebus air, jahe, dan gula didalam panci sehingga gula benar-benar larut. Lalu masukkan kayu secang dan aduk hingga merata.
  • Campurkan cengkeh, kapulaga, dan pala serta kayu manis. Dan terakhir kita masukkan batang serai. Masaklah rempah-rempah yang direbus dengan air hingga mengeluarkan aroma wangi khas rempah sekitar 1 jam.
  • Angkat, dan saring air rebusan itu kedalam wadah dan bir pletok siap disajikan untuk menghangatkan tubuh anda.

Akhirnya selesai juga bir pletok resep minuman khas betawi ini sebagai minuman tradisional indonesia pada zaman belanda sob. Nah untuk menyajikannya bisa diminum hangat-hangat, dan bisa juga nih dicampur es batu biar seger. Demikian yang dapat ane bagikan kepada ente-ente semua mbak, jeng, bro, sis, sampai ketemu besok ya. Terus pantengin dah dokumentasi terbaru dari ane sob.
Dapatkan resep masakan terbaru dari email anda:

0 Response to "Resep Bir Pletok, Resep Minuman Enak Betawi Yang Halal"

Post a Comment