Resep Fuyunghai Khas Makanan China Yang Lezat

Resep fuyunghai khas china - Negara kita Indonesia ini sangat populer dengan kulinernya, disebabkan karena Indonesia juga memiliki budaya yang beragam. Selain itu pula setiap kuliner yang ada di Indonesia tidak kalah citarasanya dengan makanan khas dari negara lain. Seperti tiongkok, yang mungkin lebih dikenal dengan chinese food. Karena dahulu bangsa china ini berdagang ke Indonesia, maka sedikit dan banyaknya Indonesia pernah mengadopsi makanan dari negara ini, contohnya seperti fuyunghai.

Apa itu fuyunghai ? Bagi yang belum tahu apa itu fuyunghai masakan ala china yang sering saya makan didaerah saya. Tapi tenang aja sob, makanan ini halal kok tergantung siapa yang masaknya. Kalo saya sih sering makan di kedai mie mas toto didaerah tempat saya, riau. Mas toto ini orang jawa yang dulu pernah bekerja di restoran chinnese pokoknya enak deh sob. Kemudian perlu anda ketahui fuyunghai itu biasanya telor dadar dengan daging sapi, ada juga kok daging ayamnya, tapi aslinya itu daging kepiting. (Jadi pengen makan nih saya)... Sebelumnya kita kelarin dulu resep fuyunghai khas makanan china ini ya sob.

Sebelumnya saya ingin menceritakan asal mula fuyunghai masuk ke Indonesia itu gimana. Kata mbah putri saya (mbah putri itu berarti nenek dalam bahasa jawa) fuyunghai itu hadir di Indonesia dari zaman penjajah dulu. Pedagang china yang jauh dari negara asalnya datang kenegara kita untuk berdagang, ya salah satunya berdagang fuyunghai ini. Jadi fuyunghai tersebut bisa kita kenal dengan resep makan china bun, hahaha udahlah basa-basinya ya.
Resep Fuyunghai Khas Makanan China Yang Lezat

Bahan Membuat Fuyunghai

  • 155 gram daging kepiting
  • 115 gram kol (diiris halus)
  • 5 telur ayam
  • Minyak goreng
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sdt lada hitam (merica)
  • 3 siung bawang putih

Bahan Saus Tomat

  • 2 buah tomat
  • 3 buah cabe merah (tanpa biji)
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 115 ml air
  • garam 1/2 sendok teh

Cara Membuat Fuyunghai

  • Masukkan kuning dan putih dari telur ayam kedalam wadah dengan dicampur kol dan daging kepiting. Masukkan bawang putih, garam, serta merica.
  • Kemudian masukkan setengah dari adonan diatas tersebut kedalam wajan yang telah dibaluri minyak goreng dan masak hingga berwarna kekuning-kuningan (khas masak si telor). Ingat!! ulangi hingga semua adonan bersih mengkilap (alias habis dari wadah).
  • Langkah selanjutnya yaitu merebus bahan saus dalam 115 ml air hingga semua bahan tersebut menimbulkan bau harum khas bumbu, angkat kemudian tiris, dan sisihkan
  • Rebus bahan saus (lihat pada bahan-bahan saus diatas), kecuali gula dan garam, dalam 100 ml air hingga layu. Angkat, tiriskan. kemudian kita haluskan bahan saus lalu tambahkan garam dan gula secukupnya, kembali kita masang hingga bahan menjadi saus (mengental).
  • Kemudian tata semua bahan yang telah siap kedalam piring, lalu tuangkan saus diatasnya, dan makanan ini siap di hidangkan.

Demikianlah resep fuyunghai khas makanan china yang telah saya utarakan dalam pertemuan kali ini, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi semuanya. Salam 3 jari (kelingking, jari manis, dan jari tengah) Maknyusss... Baca juga Resep kiwi fruit salad makanan penderita diabetes, Resep sayur bening bayam si emak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Fuyunghai Khas Makanan China Yang Lezat"

Post a Comment