Mudah! Resep Jajanan Onde Onde Ubi Kristal Enak

Mudah! Resep Jajanan Onde Onde Ubi Kristal Enak

Resep jajanan onde ode ubi kristal - ubi atau singkong adalah salah satu jenis makanan umbi-umbian yang bisa dijadikan untuk pengganti beras. Namun Ubi juga bisa dijadikan berbagai macam jenis panganan seperti yang akan kita buat dipagi hari ini yaitu onde-onde ubi atau emak ane menyebutnya dengan besto ubi. Seperti yang kita kenal dengan nama onde-onde biasanya diisi dengan kelapa atau gula merah didalamnya, namun pada kali ini berbeda dengan onde-onde pada umumnya.

Biasanya emak ane membuat dua jenis, yaitu dengan isi gula merah dan tidak menggunakan isi didalamnya namun gula yang diberi pada permukaan onde-onde ubi tersebut. Penasaran dengan jajanan kue yang terbilang tradisional ini, masi kita langsung membuat resep jajanan onde-onde ubi kristal enak.
Mudah! Resep Jajanan Onde Onde Ubi Kristal Enak

Bahan Membuat Onde Ubi

  • 200 gram ubi (yang telah dibuang kulitnya)
  • 2 sendok teh garam halus
  • kelapa parut (berasal dari 1 buah kelapa)
  • 150 gram gula
  • Air secukupnya

Cara Membuat Onde Onde Ubi

  • Parut ubi agar hingga halus, dan letakkan pada sebuah wadah besar. Kemudian jika ubi tersebut telah selesai diparut semuanya, lalu campurkan semua kelapa yang juga telah diparut dan garam didalam adonan ubi tersebut.
  • Aduk adonan hingga tercampur merata, dan kemudian bentuk adonan tersebut menggunakan tangan (cuci dulu ya tangannya biar higienis) dan bentuklah seperti bentuk ketimun yang kecil, atau bisa juga kita bentuk bulat dengan diameter 4 cm.
  • Langkah terakhir kita memasaknya diatas penggorengan dengan cara, masukkan sedikit air dan masukkan gula kemudian masak sambil diaduk-aduk hingga terlihat mengental lalu masukkan onde-onde yang telah dibentuk tadi kedalamnya. Aduk terus gula dan adonan tersebut hingga gula tersebut kering dipermukaan adonan itu. Dan jajanan onde-onde ubi siap disantap untuk sarapan pagi anda.

Demikian lah resep jajanan onde-onde ubi kristal enak yang diberikan oleh emak ane sob, Untuk resep kue lainnya bisa anda coba juga nih sob seperti kue putu payang, kue lapis. Selamat berkreasi hehehe, dan pastinya selamat menikmati akhir minggu anda ya. Semoga apa yang ane berikan ini bermanfaat bagi kita semuanya, sekaligus bermanfaat bagi ane juga, amin.
Read More
Resep Rahasia Membuat Bubur Ayam Spesial Sarapan Pagi

Resep Rahasia Membuat Bubur Ayam Spesial Sarapan Pagi

Resep bubur ayam - Beberapa waktu yang lalu ane telah memberikan resep bubur juga untuk mendokumentasikan makanan jenis ini. Seperti resep bubur biji salak dan bubur sumsum, untuk bubur sumsum mungkin anda bisa membacanya jika berminat untuk membuatnya resep bubur sumsum enak. Namun kali ini mumpung masih pagi langsung saja ane berbagi tentang menu sarapan kita hari ini yaitu resep bubur ayam. Bagaimanakah cara membuatnya, yuk langsung saja kedapur.

Bubur ayam ini adalah merupakan menu untuk sarapan pagi yang mungkin sangat sering sekali kita jumpai tepat di pinggir jalanan di kota anda. Banyak sekali orang lebih memilih dengan sarapan bubur ayam ini karena tergolong sangat praktis, enak dan pastinya yang manjadi sebuah kelebihan adalah cukup untuk mengenyangkan perut anda. Namun dari itu semua tidak semua orang menyukai menu bubur ayam yang di jual tersebut karena beberapa alasan, salah satunya mungkin tidak higienis. Agar higienis, anda bisa mencoba cara membuat bubur ayam di rumah dengan resep bubur ayam yang spesial ini.
Resep Rahasia Membuat Bubur Ayam Spesial Sarapan Pagi

Bahan Membuat Bubur Ayam

  • 2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 liter air
  • 2 batang serai, memarkan
  • 220 gram beras, cuci bersih

Bahan Kuah Ayam

  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 3 buah paha ayam, buang kulitnya
  • 1 liter air
  • Minyak untuk menumis
  • 3 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulangnya

Bumbu Yang di Haluskan

  • 7 siung bawang putih
  • 11 butir bawang merah
  • 4 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 5 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar

Bahan pelengkap bubur

  • 3 sendok makan seledri cincang
  • 120 gram kerupuk kanji
  • 3 sendok makan bawang merah goreng

Cara Membuat Bubur Ayam

  • Langkah pertama yaitu kita harus memasak beras terlebih dahulu menggunakan air, dan campur serai, kaldu ayam serta jahu hingga meresap dan mengental (ingat kita memasak beras menjadi bubur, bukan nasi ya).
  • Langkah kedua kita membuat kuah ayamnya untuk bubur yang akan kita bikin, dengan cara menumis bumbu yang telah dihaluskan, daun jeruk, daun, serai, daun salam serta lengkuas hingga mengeluarkan bau khas rempah-rempah tersebut.
  • Kemudian Campurkan ayam, garam juga, dan merica serta gula pasir pastinya kita aduk hingga berubah warna. Setelah berubah warna, kita masukkan air lalu tunggu kuah tersebut matang dan semua bumbu-bumbu meresap.
  • Sekarang, ambil ayamnya dan kemudian kita suwir (tahukan apa itu suwir, itu loh lagu jawa. Kalo nggak salah begini, suwir ora jamu jamu godong telo hahaha).
  • Dan langkah terakhir dan saat-saat yang paling ditunggu adalah menyajikan semua bahan tersebut kedalam mangkok, masukkan bubur kedalam mangkok, tuangkan kuahnya, masukkan kerupuk, bawang goreng dan terakhir ayam suwirnya. Bubur ayam siap disantap.

Demikian resep membuat bubur ayam spesial sarapan pagi kita kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Untuk memudahkan anda mencari resep-resep yang ada diblog ini silahkan kunjungi daftar isi yang ada pada menu blog. Jika ada masukan untuk pembuatan resep-resep selanjutnya silahkan berikan masukan pada kolom komentar yang telah tersedia, terimakasih dan jangan lupa untuk berbagi melalui sosmed anda bunda.
Read More
Resep Sambal Terasi Tomat Khas Emak Pedas Dan Nikmat

Resep Sambal Terasi Tomat Khas Emak Pedas Dan Nikmat

Resep cara membuat sambal terasi tomat - apakah anda sudah tahu apa yang dinamakan terasi ? Jika belum tahu, mungkin yang belum tahu terasi ini turis asing, mungkin juga si turis lagi baca artikel ini maka akan dijelaskan tentang terasi. Terasi merupakan hasil permentasi udang rebon, udang yang dihaluskan kemudian kita jadikan sambal terasi. Di jawa barat penghasil udang rebon terbesar yaitu didaerah cirebon dan juga penghasil terasi terbanyak untuk wilayah Indonesia. Ingat, terasi ini adalah khas dari Indonesia yang ngaku ngaku sini ane tampol hehe.

Langsung saja ya admin bagikan resep sambal terasi tomat ini ala si emak, jadi jika anda yang belum bisa membuat sambal ini bisa dicoba langsung di rumah masing-masing. Jadi ingat cara membuat sambal terasi campur tomat ini sangatlah tergolong proses yang paling gampang. Untuk memiliki rasa yang pas di lidah, apalagi itu di lidah para pelanggan anda harus pas juga takaran bahan bahannya seperti yang admin berikan di bawah ini. Bisa langsung anda coba sendiri deh di dapur, tetap simak artikel ini resepku mana resepmu ya sobat. Baiklah berikut adalah resep cara membuat sambal terasi tomat khas emak pedas dan nikmat.
Resep Sambal Terasi Tomat Khas Emak Pedas Dan Nikmat

Bahan Membuat Sambal Terasi

  • 200 gram terasi bungkus atau kiloan
  • 1 buah tomat
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 4 cabe rawit
  • 5 cabe merah (cabe padang)
  • garam dan gula secukupnya

Cara Membuat Sambal Terasi

  • Pembuatan sambal terasi yang enak dan nikmat adalah menggilingnya secara manual dengan cobek (kalo bahasa melayu riau sih lesung) resep ini tidak kami benarkan menggunakan blender karena jauh berbeda rasanya dibandingkan menggiling sendiri dengan tangan.
  • Panggang terasi terlebih dahulu diatas api hingga semua permukaan terasi benar-benar agak sedikit gosong dan mengeluarkan bau khasnya.
  • Giling bawang merah dan bawang putih, serta cabe hingga hampir hampir halus (ingat ya hampir halus). Dan masukkan terasi, lalu haluskan bersama keempat bahan itu.
  • Kemudian masukkan gula dan garam secukupnya dan giling lagi hingga garam dan gula tersebut halus bersama cabe dan bawang.
  • Dan terakhir kita masukkan tomat (dipotong agar mudah digiling), kemudian giling hingga ikut halus bersama semua bahan. Jika sudah halus, sambal terasi siap disajikan untuk lalapan.
Tips: Kata emak, makan yang paling enak dengan sambal terasi ini adalah pada saat mencocol lalap kedalam terasinya itu langsung diatas cobek, alasannya lebih nikmat. Itu sih tips beliau, tapi emang seru kok.
Demikianlah resep sambal terasi tomat khas emak pedas dan nikmat yang telah ane sampaikan kepada anda semua. Jika ingin merasakan makanan-makanan yang pedas, anda bisa juga mencoba resep makanan khas sunda - Karedok. Selamat berkreasi dan menikmati resep dari kami, jangan lupa selalu update artikel sambal terbaru di blog ini resepku mana resepmu ya, salam ngiler bunda.

Baca juga: resep membuat sambal goreng ati ampela
Read More
Resep Rahasia Nasi Goreng Telur Dadar Enak Dan Lezat

Resep Rahasia Nasi Goreng Telur Dadar Enak Dan Lezat

Resep nasi goreng telur dadar - setelah kelar nyuci baju, masak, dan ngerjain tugas kampus ane sempetin dah buat ngeblog. Kali ini ane akan mendokumentasikan resep nasi goreng enak dan lezat, kebetulan tadi bikin bareng temen-temen kost-an soalnya baru balik dari kampus perut laper dan akhirnya menu itu yang kita pilih, hehehe. Perlu anda tahu nasi goreng adalah makanan asli dari Indonesia yang terkenal hingga kemancanegara, presiden amerika serikat sekarang siapa tuh. Aduh lupa ane sob, nah iya obama yang dulunya pernah tinggal di Indonesia suka ama nasi goreng, sate dan lain-lainnya sob. Oya untuk mencoba resep sate kambing silahkan anda baca resep sate kambing enak ataupun resep berbahan dasar tahu yang diolah menjadi kuliner internasional coba juga baca resep nugget tahu ala si emak.

Nah sekarang saatnya yang di tunggu tunggu nih tentang resep nasi goreng telur dadar yang enak dan lezat ini untuk hidangan pagi anda sobat. Untuk cara membuat nasi goreng telur dadar ini sangatlah gampang sekali, anda hanya memerlukan bahan bahan yang sederhana dan itu tidaklah sulit untuk ditemukan dan harganya pun sangat murah. Sekarang langsung saja yuk untuk mencoba membuatnya di dapur kesayangan kita, dan inilah resepnya, lihat semua di blog ini resepku mana resepmu dibawah ini.
Resep Rahasia Nasi Goreng Telur Dadar Enak Dan Lezat

Bahan Nasi Goreng

  • Minyak goreng
  • 3 butir telur ayam, dikocok
  • 3 porsi nasi putih
  • 3 siung bawang merah (dihaluskan)
  • Garam secukupnya.
  • 7 buah cabe merah (dihaluskan)
  • 3 siung bawang putih (dihaluskan)
  • Sambal (terserah mau sambal apa, terasi juga boleh)
  • Bawang goreng (untuk taburan nasi goreng)
  • Kecap manis secukupnya.
  • Irisan Timun (potong acar)
  • Tomat (dipotong-potong)
  • Penyedap rasa secukupnya.
  • Kerupuk

Cara Membuat Nasi Goreng

  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan (bawang merah, bawang putih, dan cabe merah), kemudian masukkan nasi putih aduk sebentar. Dan kemudian masukkan penyedap rasa, kecap serta garam terus kita aduk hingga semua bumbu tercampur rata dengan nasi.
  • Pada langkah diatas, kita harus mengaduk-aduknya hingga matang kemudian jika matang angkat dan sajikan diatas piring.
  • Sekarang kita goreng telur dadar diatas minyak makan yang sedikit hingga matang. Taruh diatas permukaan nasi goreng yang telah berada dipiring, dan taburkan bawang goreng diatas telur dan permukaan nasi. Juga jangan lupa taruh juga ketimun dan campur kan kerupk diatas telur.
  • Nasi goreng telur dadar siap disantap untuk sarapan pagi anda (3 porsi nasi goreng untuk keluarga anda).

Demikian resep nasi goreng telur dadar enak dan lezat, pastinya bikinan ane dan temen-temen kost-an ane hehehe. Semoga bermanfaat bagi kita semua, amin. Jangan lupa pula untuk terus update artikel di blog ini ya, anda bisa berlangganan langsung dari email pribadi anda dan jangan lupa pula setelah membaca silahkan dibagikan agar yang lainnya juga pada mengetahuinya, selamat mencoba.
Read More
Inilah Resep Mudah Membuat Sushi Sederhana Bagi Pemula

Inilah Resep Mudah Membuat Sushi Sederhana Bagi Pemula

Cara membuat sushi - Ada salah satu makanan atau jajanan jepang yang harus anda pelajari yaitu sushi. Sushi adalah salah satu jenis makanan dari negara sakura jepang yang paling banyak digemari oleh kalangan orang, baik yang berada di dalam negeri ataupun berada di luar negeri tidak terkecuali dengan Indonesia. Sebenarnya makanan ini terbuat dari bahan pokok nasi yang kemudian dibentuk bersama beberapa jenis lauk dan sayuran kemudian dibalut dengan nori atau rumput laut kering.

Hari ini dengan kuota internet yang cukup menyedihkan ane akan berbagi mengenai Inilah Resep Membuat Sushi Sederhana Bagi Pemula, nah bagi pemula atau yang belum tau membuat sushi resep dari jepang ini ane akan membagikannya untuk anda. Untuk minumannya anda bisa mencoba resep yang satu ini resep pisang ijo khas makassar semoga hari ini adalah hari yang menyenangkan bagi ente-ente semuanya ya jeng hehehe. Nah sushi yang biasa kita kenal adalah makanan khas dari jepang, kita nggak ada kalahnya kok masalah kuliner seperti yang satu ini resep karedok sunda kesukaan ane. Oke jeng, tanpa berbasa basi lagi langsung saja cara membuat sushi nya gimana.

Masakan dari jepang satu ini biasanya memiliki citarasa dengan ciri khas rasa asam dan tekstur lembut karena prosesnya telah dibumbui dengan sedikit campuran cuka, campuran garam, dan sedikit gula. Sushi juga termasuk dari salah satu makanan yang sehat dengan kandungan gizi yang baik seperti protein dan lain sebagainya, karena biasanya dalam resep sushi ini menggunakan bahan ikan seperti ikan salmon, .

Nah untuk sahabat ini resepku mana resepmu yang mungkin juga menggemari sushi ini, maka dari itu admin ingin membagikan resep sushi roll dan cara membuat sushi untuk anda coba sendiri di rumah atau di dapur kesayangan masing-masing sesuai selera sobat semua, sehingga andapun tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya yang mungkin cukup mahal karena jenis makanan ini tergolong sangat mahal loh untuk sekelas restoran jepang. Mari sekarang kita langsung lihat bagaimana sih cara membuat sushi ini, dan apakah sama dengan yang ada di jepang ? Simak langsung deh di bawah ini:
Inilah Resep Mudah Membuat Sushi Sederhana Bagi Pemula

Bahan Sushi Jepang

  • 200 gram beras jepang (beras pulen)
  • 250 ml air
  • 1 sendok teh garam halus
  • 150 gram beras jepang import
  • 2 sendok teh gula pasir, dan
  • 1 sendok makan cuka

Bahan Isi Sushi

  • 2 sendok teh wijen putih (disangrai
  • 9 potong ketimun (buang biji, potong memanjang)
  • 1/2 sendok teh wijen hitam (disangrai)
  • 7 potong avokado (alpukat), (potong panjang)
  • 7 buah crab stick
  • 3 lembar nori (lembaran rumput laut) ukuran 20x19 cm

Cara Membuat Sushi

  • Cucilah beras hingga bersih kemudian tiriskan, dan masukkan kedalam rice cooker dan tuangkan air untuk memasaknya (proses pemasakan beras menjadi nasi) tunggu hingga matang. Jika sudah matang lalu angkat dan taruh diatas wadah (sebaiknya diatas nampan).
  • Kemudian campurkan cuka, gula pasir, dan garam halus pada nasi tersebut aduk hingga merata. Dan tutup wadah nasi tersebut.
  • Kemudian ambil 130 g nasi dan dikepal-kepalkan (proses ini untuk memadatkan nasi), dan taruh pada selembar nori tersebut, ratakan (ingat! sisakan 1/2 cm ruang untuk menutup nori).
  • Taburkan wijen pada bagian tengah, kemudian masukkan timun, alpukat dan crab stick dan gulung sambil memadatkan adonan nasi (gulung menggunakan ayaman bambu yang bentuknya seperti tirai, jika tidak ada anda bisa menggunakan apapun sehingga bisa menggulungnya hingga padat), dan sushi siap disantap.

Bagaimana, gampangkan membuat sushi ini. Belum tentu tuh orang jepang bisa membuat makanan atau kuliner kita. Hahaha, Indonesia ini kreatif jeng. Nah sekarang ane mau pamit dulu, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa untuk komentar ya mbak, coba juga resep makanan india resep nasi biryani makanan khas asal india. Jangan lupa bagikan artikel resep sushi ini ya, dan jangan lupa untuk menyimak artikel lainnya di blog ini, salam ngiler.
Read More
Resep Rahasia Daging Sapi Lada Hitam Enak Banget

Resep Rahasia Daging Sapi Lada Hitam Enak Banget

Resep daging sapi lada hitam enak banget merupakan pembahasan kita hari ini bro, sebelumnya juga saya pernah membagikan resep daging juga namun diolah menjadi sate kambing yang enak dan lezat pastinya ini khas Indonesia. Jika anda ingin mencoba resep sate kambing ini silahkan saja anda membaca resep makanan sate kambing enak ataupun menu makanan yang dari padang ini juga bisa anda mencobanya resep masakan padang gulai kepala ikan kakap.

Seharusnya anda tahu apa itu lada hitam atau yang sering kita sebut dengan merica, bagaimana coba rasanya kalo salah satu rempah ini menjadi bumbu didalam masakan kita ? Pastinya pedas, enak, dan ujung-ujungnya pasti terasa berselera lagi untuk makan. Benarkan ? Yaps, penulis sih suka banget makan pedes bro, tapi kali ini saya akan berbagi resep daging sapi lada hitam ini. Bagaimana cara membuat daging sapi lada hitam ini ? Penasaran ? Kalau saya udah nggak, hehehe.
Resep Rahasia Daging Sapi Lada Hitam Enak Banget

Bahan Daging Sapi Lada Hitam

  • 6 siung bawang putih
  • 5 sdm saus tiram
  • air secukupnya
  • 5 sendok makan kecap kental manis
  • Gula dan garam secukupnya
  • 3 buah bawang bombai
  • 5 sendok makan lada hitam bubuk, dan pastinya
  • 600 gram daging sapi sebagai bahan utama.

Cara Membuat Daging Sapi Lada Hitam

  • Langkah pertama, rebus terlebih dahulu daging sapi hingga menjadi lembut dan empuk.
  • Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga mengeluarkan bau harum khas bawang, lalu masukkan sedikit air (secukupnya) dan kemudian aduk.
  • Setelah air yang tersebut sudah panas yang didalamnya juga terdapat bawang bombai dan bawang putih, saat kita memasukkan daging kedalamnya.
  • Dan langkah terakhir adalah memasukkan semua bumbu (bahan) yang telah disebutkan diatas, kemudian aduk hingga bumbu meresap kedalam daging. Tunggu hingga matang, lalu sajikan diatas piring (inget ya, jangan disajiin diatas meja tanpa menggunakan piring, hehe).
Tips posresep: Untuk mempercepat melunakkan atau melembutkan daging, gunakanlah presto agar daging cepat empuknya. Atau juga bisa dengan memukul daging hingga lunak dan empuk.
Demikianlah resep daging sapi lada hitam enak banget yang telah saya bagikan kepada anda, semoga anda juga berkreasi bersama kami dan juga menikmati hasil resep ini bersama keluarga anda pada saat makan siang ataupun malam. Semoga bermanfaat bagi pengunjung setia blog ini, terimakasih hehehe. Jangan lupa dibagikan ya ke sosmed yang sudah bunda miliki semua, salam ngiler.
Read More
Resep: Cara Membuat Kue Brownies Coklat Keju Yang Enak

Resep: Cara Membuat Kue Brownies Coklat Keju Yang Enak

Resep cara membuat kue brownies panggang, bukan kukus dengan rasa keju dipadukan coklat, selamat membaca - Anda adalah penggemar dari kue bolu kukus seperti yang terkenal dari amanda atau dari Ny liem? Bolu kukus ini yang mungkin ditawarkan dalam beberapa produk mereka memang unggul dalam rasa, selain itu empuk dan juga lembut. Untuk dari segi harga memang memang karena terlihat dari rasa dan teksturnya, sobat ini resepku mana resepmu, kali ini kami ingin mencoba merayu anda yang sedang membaca artikel resep kue brownies ini, brownies juga merupakan salah satu keluarga dari kue bolu. Maka dari itu admin ingin mencoba memberitahukan kepada anda agar bisa mempelajarinya di dapur sesayangan masing-masing.

Cara membuat brownies, ya cara membuat kue ini sangatlah terbilang sangat mudah. Apa yang admin bagikan ini rasanya dijamin tidak kalah rasa enaknya dengan beberapa produk yang telah ada dan unggul di pasaran. Dari segi tekstur yang lembut serta harum dari aromanya, saat anda mencicipinya pasti akan ketagihan. Kue ini mungkin di proses dengan cara memanggang karena ini adalah resep brownies panggang yang super simpel dibandingkan dengan brownies kukus, sebenarnya sih sama saja bagi saya. Nah sekarang langsung saja yuk anda simak kue brownies sederhana ini untuk di praktekkan di rumah masing-masing. Bagaimana hasilnya? Untuk mengetahui hasilnya silahkan dipraktekkan terlebih dahulu.

Seperti yang telah saya berikan mengenai resep brownies sagu pada pertemuan kemarin kali ini saya akan berbagi resep brownies coklat keju sederhana dan enak silahkan anda baca untuk resep brownies sagu. Namun hari ini kita keluar dari pembahasan mengenai olahan sagu yang menjadi khas daerah ane ya, dan kita beralih ke coklat. Oya jika anda ingin resep kue lainnya anda juga bisa mencoba resep kue bolu loh sobat, jangan sampai dilewatkan juga resep tersebut. Pasti enak deh, kemudian ada pula resep kue lainnya yang sudah tertulis di blog ini, hanya perlu anda lihat di daftar isi saja ya bunda.
Coba juga: cara membuat bolu kukus santan pandan

Bahan Brownies Coklat Keju

  • 120 gram tepung terigu
  • 150 gram gula kastor
  • 100 gram keju
  • 120 gram margarin
  • 200 gram coklat batangan
  • 140 gram putih telur

Cara Membuat Kue Brownies

  • Oleskan mentega/margarin kedalam loyang dan alas menggunakan kertas roti.
  • Campur gula pasir sebanyak 25 gram kedalam tepung terigu, kemudian aduk hingga rata
  • Lelehkan mentega dan coklat kemudian tuangkan kedalam tepung yang telah dicampur gula (sambil diaduk perlahan hingga merata penuh).
  • Masukkan telur (sebelumnya dikocok terlebih dahulu dan campurkan gula pasir, hingga benar-benar mengental) kedalam adonan coklat perlahan-lahan sambil diaduk merata.
  • Tahap selanjutnya adalah, memasukkan adonan kedalam loyang. Lalu masukkan kedalam oven dan panggang (suhu 175 derajat C), panggang hingga atau selama 35 menit hingga adonan benar-benar matang.
  • Langkah terakhir, kita olesi sedikit margarin pada brownies yang telah matang. Dan taburi keju yang sebelumnya telah diparut diatas permukaan brownies yang telah matang tadi.
  • Brownies coklat keju siap dihidangkan. (potong-potong sesuai bentuk yang anda sukai).

Demikianlah resep brownies coklat keju sederhana dan enak yang telah kami bagikan kepada anda. Selamat berkreasi bersama kami, dan semoga yang kami bagikan ini bermanfaat bagi anda semua. Amin. Jangan lupa untuk selalu dan terus update artikel resep terbaru dari serta melalui blog ini resepku mana resepmu. Anda juga bisa mencari resepnya di blog menu resep kue loh bunda, untuk mencari artikel semua cara membuat minuman juga bisa anda lihat di blog minuman starbucks. Jangan lupa ya di bagikan artikel-artikel yang sudah ditulis ini.
Read More
Resep Mudah Membuat Sarden Tumis Saus Tomat Emak Wati

Resep Mudah Membuat Sarden Tumis Saus Tomat Emak Wati

Resep tumis ikan sarden - Maaf ya baru sempet update sekarang, dari pagi ampe sore soalnya sibuk melulu sih ama tugas-tugas yang cukup padat dikampus. Nah mumpung nih malem pada kelaperan temen-temen ane dikost-an, ane sempetin tadi buat nelpon si emak ane yang ada di riau. Juga sekalian nanyain sambelnya apaan dirumah, emak ane ngejawab sob beliau masak sarden tumis saus tomat langsung deh ane minta resepnya buat masak bareng temen-temen.Penasaran gimana cara membuatnya, sabar dong bro. Oya sebelumnya juga ane pernah membagikan resep steak tempe coba anda baca disini juga jika ingin mencobanya resep steak tempe enak dan lezat, ataupun resep dari luar negeri yaitu resep makanan india dan silahkan anda baca karahi chicken resep makanan dari india, dan juga salah satu resep makanan untuk penderita diabetes yaitu salah satu makanan sehat bagi penderita diabetes yang bisa anda baca resep salad kiwi.


Nah sekarang langsung saja yuk kita membahas tentang cara membuat tumis ikan sarden dengan saus tomat ala emak Wati ini. Jadi sekarang anda simak dengan teliti, dan kali ini resepnya sangat mudah kok bunda, anda tidak perlu repot. Dengan sekali membacanya anda pun juga akan mengingat resep ini dan mencobanya kembali untuk hidangan keluarga anda. Inilah dia cara membuat ikan sarden tumis saus tomat yang paling lezat, silahkan dicoba.
Resep Mudah Membuat Sarden Tumis Saus Tomat Emak Wati

Bahan Sarden Tumis

  • 1 buah sarden kaleng
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 7 buah cabe rawit atau cabe hijau
  • Garam halus secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sarden Tumis Saus Tomat

  • Potong bawang putih dan bawang merah, cabe, dan tomat (potong memanjang).
  • Tuangkan minyak goreng kedalam penggorengan biarkan panas, dan kemudian masukkan bawang putih, bawang merah, cabe rawit serta tomat lalu ditumis dan beri sedikit air kira-kira 1 gelas biasa kedalamnya.
  • Dan langkah terakhir adalah mencampurkan ikan sarden kaleng kedalam tumisan, kemudian aduk sebentar dan biarkan hingga mendidih. Lalu sajikan kedalam piring.
  • Untuk hiasan, beri sedikit daun kemangi diatasnya. Selesai, gampangkan.

Nah beginilah resep sarden tumis saus tomat ala si emak, yang lumayan gampang dibuatnya. Dan pastinya bagi saya makanan sederhana ini sangat enak sekali, cobain aja sob terus tinggalin komentarnya ya bagaimana resep ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua ya, amin. Jangan lupa untuk selalu melihat artikel resep terbaru dari blog ini resepku mana resepmu ini ya bunda, dan juga anda bisa loh berlangganan melalui email, selamat mencoba.
Read More
Resep Mudah Kue Brownies Sagu Khas Kepulauan Meranti

Resep Mudah Kue Brownies Sagu Khas Kepulauan Meranti

Resep kue brownies sagu khas selatpanjang - daerah Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan penghasil sagu terbesar di dunia mewakili Negera Republik Indonesia. Biasanya bangsa Indonesia hanya mengenal penghasil sagu itu adalah dibagian Indonesia bagian timur seperti papua. Namun semua itu salah besar, dibagian terbesar penghasil sagu adalah daerah kepulauan meranti dengan pusat kota yaitu selatpanjang yang merupakan kabupaten pemekaran bengkalis.

Tepat pada 19 Desember 2009 kabupaten ini resmi menjadi kabupaten termuda di provinsi riau, namun kabupaten ini sudah mengalami pemekaran yang dahsyat. Sebagai anak daerah yang bangga lahir disini, ane akan memperkenalkan resep khas daerah ini yang berbahan dasarkan sagu, dan pastinya makanan ini sangat bermanfaat baik untuk penderita diabetes, ya bisa dibilang resep makanan diabetes nih bro. Seperti lempeng sagu, ongol-ongol, sempolet, bahkan mie sagu yang menjadi panganan umum didaerah ini. Bukan hal itu saja yang dapat dihasilkan atau diciptakan kuliner khas daerah ini, namun makanan yang diadaptasi dari negara asing pun bisa dibuat oleh bahan sagu seperti resep kita hari ini yaitu Resep Kue Brownies Sagu Khas Kepulauan Meranti. Untuk lebih jelasnya bagaimana sagu bisa dibikin brownies, mari kita simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
Resep Mudah Kue Brownies Sagu Khas Kepulauan Meranti

Bahan Brownies Sagu

  • 150 gram tepung sagu
  • 220 gram mentega
  • 220 gram cokelat
  • 180 gram gula pasir halus
  • 120 gram kacang almond, iris tipis
  • 5 butir telur
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Brownies Sagu

Pada dasarnya pembuatan atau proses membuat brownies sagu ini hampir sama dengan brownies-brownies lainnya. Namun ada sedikit perbedaan dikarenakan adonan menggunakan tepung sagu, berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Lelehkan mentega didalam "panci" pastinya menggunakan api yang sedang
  • Campur cokelat (ingat ya cokelat batangan), aduk hingga semuanya meleleh bersama mentega.
  • Gunakan mixer untuk mengocok telur (bisa juga dengan cara manual, tapi agak lama) hingga telur menjadi berwarna keputih-putihan.
  • Langkah selanjutnya adalah mencampurkan tepung sagu kedalam adonan telur tersebut juga gula, aduk rata. (keterangan: kita tidak menggunakan baking soda untuk membuat adonan mengembang, karena tepung sagu akan mengembang dengan sendirinya. Jika anda menggunakan zat pengembang adonan kue, 100% adonan tidak akan jadi. Kue nya juga bukan bernama brownies, tetapi hehehe). Lanjut bro,
  • Campurkanlah kacang almond kedalam wadah (loyang tepatnya), jangan lupa sisakan untuk hiasan permukaan brownies itu nanti.
  • Next, menuangkan adonan cokelat yang telah dicampur lelehan cokelat (langkah 1-2), aduklah hingga merata.
  • Kemudian kita cetak brownies menggunakan cetakan yang terlebih dahulu kita olesi mentega
  • Taburi sisa kacang dipermukaan, dan panggang adonan dengan suhu 145 derajat celcius sekitar 40 menit hingga adonan benar-benar matang. Dan sajikan bersama keluarga anda.

Demikian Resep Kue Brownies Sagu Khas Kepulauan Meranti yang telah ane bagikan dengan anda, kali pertamanya resep ini dipublis kedalam dunia maya. Namun perlu anda tahu bahwa didaerah ini menu dari sagu inilah yang paling diminati oleh para turis yang datang kesini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.
Read More
Resep Rahasia Cheesecake Yang Paling Enak Dan Lembut

Resep Rahasia Cheesecake Yang Paling Enak Dan Lembut

Resep cheesecake enak dan lembut - seperti yang kita semua tahu, anak-anak pasti juga menyukai jenis cake yang sangat lembut dengan krim keju ini. Salah satu produsen dari makanan ringan untuk anak-anak sangat berhati-hati dalam menyingkapi hal ini dengan mengeluarkan jajanan ternyata cheese cake yang mendapat cukup umpan balik positif atau memiliki pandangan bagus, tidak hanya dari bahkan anak-anak saya sendiri juga sudah sering membelinya. Mungkin resep kue keju atau resep cheesecake ini kurang populer dengan resep kue lainnya, seperti tiramisu cake, rainbow cake, kue brownies, atau hingga lapis surabaya. Tapi jika dalam masalah rasa, cake dengan krim keju yang tidak kalah untuk rasa enak dan kelezatannya.

Di beberapa restoran atau toko kue terkenal, seperti pabrik kue atau yang lainnya tidak memberikan banyak variasi dalam membelinya. Tapi tentu saja, jika setiap hari kita membelinya mungkin akan benar-benar membuang uang kita secara cepat. Sebenarnya, cara membuat kue keju atau cara membuat cheese cake ini tidak terlalu susah. Awalnya untuk bahan digunakan bahan dan komposisi yang harus tepat dan memahami tips dalam resep cheesecake ini untuk membuat resep kue keju yang paling tepat, anda juga pasti bisa membuatnya sendiri di rumah anda sendiri. Selain dipanggang, ada juga resep cheese cake yang di kukus. Mau tahu bagaimana resep cheesecake untuk mengetahui cara membuat kue ini.

Selang beberapa hari kemarin ane telah berbagi mengenai resep makanan diabetes, ataupun resep makanan china, ataupun juga resep makanan thailand mungkin juga anda bisa membacanya Resep fuyunghai khas makanan china, resep kiwi fruit salad makanan sehat penderita diabetes, dan daging saus kacang resep makanan thailand halal. Sekarang saatnya ane berbagi resep cheesecake enak dan lembut, mungkin ini temanya kue basah ya yang terbuat dari keju. Ayo kita coba berkreasi bersama-sama.
Resep Rahasia Cheesecake Yang Paling Enak Dan Lembut

Bahan Cheesecake

  • 7 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 260 gram krim keju
  • 15 buah biskuit gandum (hancurkan)
  • 3 sendok makan palm sugar (gula palm)
  • 550 gram strawberry (potong dua bagian)
  • 550 gram keju ricotta
  • 3 sendok makan tepung jagung
  • 155 gram gula halus
  • 5 sdm mentega (jangan lupa dilelehkan ya bro)
  • 2 sdm ekstrak vanila

Cara Membuat Cheese Cake

  • Siapkan loyang kemudian lapisi dengan alumunium foil pada bagian luarnya tersebut, dan panaskan oven dengan suhu 155 derajat celcius.
  • Campurkan palm sugar (gula palm), garam, serta biskuit yang telah dihancurkan dengan mentega.
  • Kemudian masukkan loyang paling bawah, tekan hingga adonan padat kurang lebih 5-10 menit hingga berwarna kekuning-kuningan, angkat dan dinginkan.
  • Mixer keju ricotta hingga terlihat lembut dan tambahkan krim keju, teruslah mengaduk hingga tercampur dan menjadi lembut.
  • Masukkan gula halus dan tepung jagung, kembali kita mixer hingga benar-benar terlihat lembut atau halus.
  • Sekarang kita mulai untuk mengocok telur sampai lembut dalam wadah terpisah, lalu masukkan vanila dan juga masukkan adonan keju, aduk hingga merata.
  • Nah langkah selanjutnya kita tuangkan adonan kedalam loyang, dan masukkan kedalam oven sekitar 45 menit, jika sudah kemudian kita angkat dan dinginkan (jika perlu dinginkan kedalam kulkas atau freezer).
  • Langkah terakhir adalah memisahkan adonan yang telah dingin dari loyang, dan hiasi atau letakkan strawberry pada permukaan cheesecake ini. Maka dengan ini saya putuskan untuk menyajikannya, hahaha.

Sudah lengkap menu kita hari ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dengan diakhiri pantun yang agak 'garing' ane mau ngucapi "Ada gula ada semut, admin pos resep cantik dan imut" hehe. Jangan lupa untuk terus melihat resep terbaru dari kami ya bunda, anda bisa mencoba dengan berlanggangan kue terbaru melalui email. Semoga bermanfaat dan salam ngiler.
Read More
Resep Sederhana si Lempeng Sagu Untuk Penderita Diabetes

Resep Sederhana si Lempeng Sagu Untuk Penderita Diabetes

Resep lempeng sagu - setelah ngobrol-ngobrol dengan Dr. Samuel Oetoro melalui twitternya, ane akan membagikan resep makanan sehat yaitu sagu. Sagu dikenal sebagai makanan kampung. Kata sebagian orang sih, namun bagi ane sagu sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan yang lebih dari nasi itu sendiri. Karena memiliki kadar glukosa atau gula yang 0% dalam sagu ini, namun memiliki karbohidrat yang sangat tinggi juga memiliki kalsium, protein, lemak, karoten, tiamin, asam askorbat, serta serat tetapi zat tersebut sangat rendah sekali dimiliki oleh sagu ini.

Nah kenapa ane berbagi informasi resep makanan diabetes atau penderita diabetes untuk memakan panganan ini karena cocok sekali buat mereka-mereka yang memiliki penyakit diabetes ini. Sedikit resep berbahan sagu akan ane bagiin kepada anda dengan judul Resep Lempeng Sagu Sederhana Penderita Diabetes. Bagaimanakah cara membuatnya ? Namun ane juga telah memberikan resep dengan olahan sagu ini seperti resep mie sagu kering, resep makanan sagu sempolet, ataupun ongol-ongol sagu dari selatpanjang, selamat membaca.
Resep Lempeng Sagu Untuk Penderita Diabetes

Bahan Lempeng Sagu

  • 1 kg tepung sagu
  • Garam halus secukupnya
  • Air juga secukupnya, dan
  • 300 gram kelapa parut (setara dengan 1 butir kelapa)

Cara Membuat Lempeng Sagu

  • Bagi anda yang penasaran untuk membuatnya, mari kita bersama-sama menyimak caranya dan jika perlu langsung saja anda kreasikan bersama kami disini.
  • Sangrai tepung kedalam wajan lalu campur air, aduk hingga menjadi seperti adonan kue pada umumnya. Kemudian tambahkan parutan kelapa yang diberi sedikit garam.
  • Aduk dan tekan-tekan dengan sendok sehingga berbentuk pipih dikuali.
  • Setelah berwarna kekuning-kuningan aduk sebentar dan dibalik-balikkan hingga matang, lalu angkat.
  • Lempeng sagu siap disajikan bersama menu lainnya.

Demikian resep lempeng sagu yang bagus untuk penderita diabetes, jika anda ingin berkreasi melalui resep makanan india silahkan baca resep nasi biryani. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya, amin. Jangan lupa untuk selalu melihat resep terbaru dari blog atau dapur ini resepku mana resepmu ya bunda, anda bisa mencobanya langsung melalui email dengan cara berlangganan. Jadi setiap kali blog ini menulis artikel baru maka akan dapat anda temukan langsung di email anda, selamat mencoba.
Read More
Resep Rahasia Ongol Ongol Sagu Asli Kota Selatpanjang

Resep Rahasia Ongol Ongol Sagu Asli Kota Selatpanjang

Resep ongol ongol sagu selatpanjang - Selamat dan salam sejahtera saudara-saudaraku sekalian, pada hari kemarin ane sudah mencoba untuk berbagi resep makanan india jika anda tertarik silahkan baca resep nasi biryani makanan khas asal india, ataupun ane juga beberapa hari yang lalu berbagi mengenai resep steak tempe makanan kesukaan ane atau anda langsung bica membacanya di resep steak tempe enak dan lezat. Oya sampai ane kelupaan, nih ada resep makanan diabetes coba deh baca juga Resep Kiwi Fruit Salad Makanan Sehat Penderita Diabetes.

Nah dihari ini ane pengen langsung berbagi dengan makanan yang berbahan dasar sagu, kemaren sudah ane bahas mengenai resep mie sagu kali ini ane membahas resep ongol-ongol dari sagu selatpanjang. karena daerah ane adalah daerah penghasil sagu terbesar didunia makanya ane harus membagikan resep yang satu ini langsung dari lumbung sagu dunia. Bagaimana cara membuatnya ? Kita simak bersama-sama resep ongol ongol sagu selatpanjang dan cara membuat ongol ongol sagu tersebut, mari jeng. Langsung saja ane sebutin apa saja bahan-bahannya ya, oya sebenernya ane pengen jelasin dari cara membuat tepung sagu tapi ya sayang, kepanjangan ntar, selamat mencoba ya bunda.
Resep Ongol Ongol Dari Sagu Selatpanjang

Bahan Ongol Ongol Sagu

  • 125 ml air bersih (ini untuk sagunya sob)
  • 130 gram tepung sagu
  • 250 ml air (kalo air yang ini buat ngerebus pastinya)
  • 3 lembar daun pandan
  • 200 gram gula merah atau gula aren
  • 150 gram kelapa parut
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Ongol Ongol Sagu

  1. Langkah pertama pastinya kita harus membuat adonan, yaitu mencampurkan air dengan tepung aduk hingga merata dan kemudian kita sisihkan deh sembari bikin bahan lainnya.
  2. Yang kedua kita rebus daun pandan serta gula merah, tau kan fungsi pandannya buat apaan (nggak perlu ane jawab lagi ya), setelah gula merah tersebuh hancur lalu kita harus memasukkan adonan tepung tadi kedalamnya.
  3. Dan terakhir, kita tunggu adonan ongol-ongol matang hingga mendidih. Jika sudah matang, lalu kita angkat dan dinginkan didalam wadah persegi. Setelah dingin dan agak mengeras (kenyal) kita potong-potong sesuai selera kita masing masing.
  4. Dan yang terakhir daripada terakhir (baca nomer 3, rupanya ini yang terakhir hehehe). Campurkan sedikit garam kedalam parutan kelapa, aduk kemudian taburkan ke adonan ongol-ongol atau lebih baiknya kita gulingkan ongol-ongol kedalam parutan kelapa yang telah dicampur garam.

Demikianlah resep ongol-ongol dari sagu selatpanjang yang telah ane rangkum atau ane bagiin kepada sahabat setia blog ini. Maka dari itu, saksikan kisah petualangan resep ane ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua... amin. Jangan lupa bagikan resep ini kepada teman-teman kita lainnya ya, jangan lupa juga untuk berlangganan melalui email agar dapat melihat resep terbaru dari blog dapur ini resepku mana resepmu, selamat mencoba.
Read More
Resep Steak Tempe Yang Paling Enak Dan Lezat

Resep Steak Tempe Yang Paling Enak Dan Lezat

Resep steak tempe - steak daging mah udah biasa kan kita dengar, kalo steak tempe gimana coba ? Nah penasaran kan ama jenis panganan tempe yang asli buatan Indonesia ini kita olah menjadi steak. Kagak kebayang lagi dah tuh rasanya gimana, mungkin lebih enak ketimbang steak daging aslinya. Seperti yang kita tahu makanan jenis steak ini berasal dari negara Amerika Selatan, yang kemudian diadopsi ke Indonesia. Tapi yang namanya tempe tidak ada namanya adopsi-adopsian, alias asli kuliner dari tanah nusantara ini.

Sekarang kita mencoba untuk membuat resep steak tempe enak dan lezat untuk hidangan kita dirumah, untuk yang punya resto kecil-kecilan bisa nih ditambahin untuk dijadikan menu restorannya. Ataupun resto yang besar bisa juga menambahkan menu yang satu ini di buku menunya. Anda penasaran ? Sama, saya juga. Baiklah kita langsung saja ke cara membuat steak tempe ini.
Resep Steak Tempe Yang Paling Enak Dan Lezat

Bahan Membuat Steak Tempe

  • Kaldu bubuk (rasa ayam/daging) - 2 sendok teh
  • Merica atau lada hitam - 1 sendok teh
  • Tepung roti - 4 sendok makan
  • Bawang bombay - cukup 1 siung
  • 200 gram tempe (atau kalo kepingan bisa 3 keping cukup.) dan,
  • Ayam cincang 100 gram
  • 2 butir telur ayam

Bahan Saus Steak Tempe

  • 3 sendok makan tepung maizena (larutkan dalam 3 sendok air juga)
  • 155 ml air
  • 2 siung bawang bombay (kudu dicincang halus)
  • 1 sendok makan kaldu bubuk
  • 1 sendok teh makan (secukupnya)
  • 3 sendok teh saus tiram
  • 3 sendok makan kecap (yang manis ya, jangan yang asin)
  • garam secukupnya
  • 4 sendok saus tomat
  • gula pasir secukupnya (2 sendok makan)
  • 1 sendok teh merica (jangan banyak ini mah, pedes ditenggorokan ntar)

Cara Membuat Steak Tempe

  • Pecahkan telur dan dan aduk, kemudian letakkan sedikit tepung kedalam wadah (adonan ini untuk pelapis steak tempe).
  • Kukus tempe selama 10 menit, kemudian haluskan tempe dengan cara (ditumbuk, digiling, diblender juga bisa).
  • Campurkan kedalam semua bahan-bahan steak tempe (inget loh, bahan-bahan steak ya bukan bahan saus).
  • Langkah keempat kita memulai untuk membentuk tempe seperti steak pada umumnya (bulat, pipih). Lalu celup kedalam kocokan telur tadi (pada langkah nomer 1), dan gulingkan kedalam tepung yang berada didalam wadah. lalu goreng hingga matang.
  • Untuk membuat sausnya, kita harus menumis bawang, lalu masukkan saus tomat, saus tiram, kecap, gula, merica serta kaldu bubuk, kemudian kita masukkan air secara perlahan dan tunggu hingga saus mendidih dan campurkan tepung agar terlihat kental.
  • Nah sekarang tata semuanya (tempe), lalu curahkan saus diatas permukaan steak tempe tersebut. Jika ingin memperindah tambahkan daun kemangi diatasnya, tomat dipotong memanjang seperti mahkota dan taruh dipinggiran piring, ataupun ditaruh kentang goreng seperti pada gambar diatas. Dan makanan ini siap dihidangkan dan disantap.

Bagaimana menurut anda, sudah siap belum resep steak tempe enak dan lezat ini. Nah kalau begitu, selamat berkreasi ya untuk menyajikan sajian ini untuk suami anda tercinta ataupun orang terdekat bagi anda. Oya baca juga Resep Fuyunghai khas makanan china atau Resep kiwi fruit salad makanan sehat penderita diabetes.
Read More
Resep Fuyunghai Khas Makanan China Yang Lezat

Resep Fuyunghai Khas Makanan China Yang Lezat

Resep fuyunghai khas china - Negara kita Indonesia ini sangat populer dengan kulinernya, disebabkan karena Indonesia juga memiliki budaya yang beragam. Selain itu pula setiap kuliner yang ada di Indonesia tidak kalah citarasanya dengan makanan khas dari negara lain. Seperti tiongkok, yang mungkin lebih dikenal dengan chinese food. Karena dahulu bangsa china ini berdagang ke Indonesia, maka sedikit dan banyaknya Indonesia pernah mengadopsi makanan dari negara ini, contohnya seperti fuyunghai.

Apa itu fuyunghai ? Bagi yang belum tahu apa itu fuyunghai masakan ala china yang sering saya makan didaerah saya. Tapi tenang aja sob, makanan ini halal kok tergantung siapa yang masaknya. Kalo saya sih sering makan di kedai mie mas toto didaerah tempat saya, riau. Mas toto ini orang jawa yang dulu pernah bekerja di restoran chinnese pokoknya enak deh sob. Kemudian perlu anda ketahui fuyunghai itu biasanya telor dadar dengan daging sapi, ada juga kok daging ayamnya, tapi aslinya itu daging kepiting. (Jadi pengen makan nih saya)... Sebelumnya kita kelarin dulu resep fuyunghai khas makanan china ini ya sob.

Sebelumnya saya ingin menceritakan asal mula fuyunghai masuk ke Indonesia itu gimana. Kata mbah putri saya (mbah putri itu berarti nenek dalam bahasa jawa) fuyunghai itu hadir di Indonesia dari zaman penjajah dulu. Pedagang china yang jauh dari negara asalnya datang kenegara kita untuk berdagang, ya salah satunya berdagang fuyunghai ini. Jadi fuyunghai tersebut bisa kita kenal dengan resep makan china bun, hahaha udahlah basa-basinya ya.
Resep Fuyunghai Khas Makanan China Yang Lezat

Bahan Membuat Fuyunghai

  • 155 gram daging kepiting
  • 115 gram kol (diiris halus)
  • 5 telur ayam
  • Minyak goreng
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sdt lada hitam (merica)
  • 3 siung bawang putih

Bahan Saus Tomat

  • 2 buah tomat
  • 3 buah cabe merah (tanpa biji)
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 115 ml air
  • garam 1/2 sendok teh

Cara Membuat Fuyunghai

  • Masukkan kuning dan putih dari telur ayam kedalam wadah dengan dicampur kol dan daging kepiting. Masukkan bawang putih, garam, serta merica.
  • Kemudian masukkan setengah dari adonan diatas tersebut kedalam wajan yang telah dibaluri minyak goreng dan masak hingga berwarna kekuning-kuningan (khas masak si telor). Ingat!! ulangi hingga semua adonan bersih mengkilap (alias habis dari wadah).
  • Langkah selanjutnya yaitu merebus bahan saus dalam 115 ml air hingga semua bahan tersebut menimbulkan bau harum khas bumbu, angkat kemudian tiris, dan sisihkan
  • Rebus bahan saus (lihat pada bahan-bahan saus diatas), kecuali gula dan garam, dalam 100 ml air hingga layu. Angkat, tiriskan. kemudian kita haluskan bahan saus lalu tambahkan garam dan gula secukupnya, kembali kita masang hingga bahan menjadi saus (mengental).
  • Kemudian tata semua bahan yang telah siap kedalam piring, lalu tuangkan saus diatasnya, dan makanan ini siap di hidangkan.

Demikianlah resep fuyunghai khas makanan china yang telah saya utarakan dalam pertemuan kali ini, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi semuanya. Salam 3 jari (kelingking, jari manis, dan jari tengah) Maknyusss... Baca juga Resep kiwi fruit salad makanan penderita diabetes, Resep sayur bening bayam si emak.
Read More
Resep Kiwi Fruit Salad Makanan Sehat Penderita Diabetes

Resep Kiwi Fruit Salad Makanan Sehat Penderita Diabetes

Resep kiwi fruit salad atau salad buah kiwi - sehat itu mahal tapi lebih mahal lagi jika anda sakit, ya benar banget itu bu kata-katanya mau sehat aja udah mahal apalagi kalo udah sakit bisa-bisa 10 kali lipat mahalnya. Maka dari itu yang suka shopping mending kurangin deh, lebih baik olahraga biar sehat sama makan-makanan yang bergizi dan bervitamin tinggi.

Namun kali ini kami akan memberikan sedikit menu sehat yang bagus untuk penderita diabetes, apa sih menu kita hari ini edisi spesial Kemerdekaan Republik Indonesia. Kami akan memberikan Resep Kiwi Fruit Salad Makanan Sehat Penderita Diabetes. Ya benar Resep Makanan Diabetes yang menjadi tema hari ini, kenapa kiwi bagus untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes ? Sebenarnya buah yang bagus untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit ini ada banyak seperti grapefruit merah, jeruk, melon, ceri, dan lain sebagainya serta termasuk kiwi. Alasannya kenapa, karena mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh seperti vitamin C, serat, dan kalium. Buah ini juga rendah karbohidrat, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Nah begitu ceritanya sob. Baiklah sekarang kita langsung saja ke inti sari pembahasan.
Resep Kiwi Fruit Salad Makanan Sehat Penderita Diabetes

Bahan Membuat Salad Kiwi

  • 2 buah mangga, (potong dadu)
  • 2 buah kiwi, (potong bulat)
  • 2 buah lemon, (untuk perasan)
  • 2 buah jeruk, (untuk perasan juga)
  • 1 buah markisa, (ambil daging dan bijinya)
  • 1 buah nanas, (potong dadu)
  • 4 lembar daun mint dipotong sedang

Cara Membuat Kiwi Fruit Salad

  • Langkah pertama adalah mencampurkan buah nanas, mangga, kiwi dalam mangkuk
  • Kemudian curahkan sari lemon dan jeruk pada buah-buah yang telah berada dalam wadah
  • Tuang sekitar satu sendok buah markisa serta irisan daun mint.
  • Kiwi fruit salad siap disantap.

Demikianlah Resep Kiwi Fruit Salad Makanan Sehat Penderita Diabetes semoga bermanfaat bagi penderita diabetes semuanya. Semoga lekas sembuh ya, dilain waktu saya akan memposting resep makanan diabetes lagi, salam dua jari (eh udah abis ya pemilu, maaf-maaf hehe). MERDEKA!!! MERDEKA!!! MERDEKA!!! Jangan lupa dibagikan, dan selamat mencoba untuk makanan sehat ini ya bunda.
Read More
Resep Sayur Bening Bayam Si Emak Yang Paling Enak

Resep Sayur Bening Bayam Si Emak Yang Paling Enak

Resep sayur bening bayam - pada hakikatnya sayur bening merupakan sayur yang berkuah jernih yang mengandung banyak gizi. Karena sayur ini tanpa menggunakan minyak goreng sehingga tidak takut lagi dengan kolestrol. Kemudian cara memasak yang begitu sangat simpel dan mudah menjadikan makanan ini adalah salah satu resep makanan sederhana, pada pertemuan kali ini juga saya akan membahas mengenai makanan sehat untuk penderita diabetes atau lebih tepatnya adalah resep makanan diabetes. Para penderita diabetes wajib untuk membaca postingan ini.

Resep sayur bening bayam si emak yaitu resep makanan yang saya ambil dari resep keluarga saya sendiri. Namun resep ini sangat mudah, simpel, dan sekaligus begitu sederhana. Silahkan untuk membaca cara pembuatan resep ini (Si admin lagi serius, jangan diganggu. Tulisannya kaku banget ya, hahaha).
Resep Sayur Bening Bayam Si Emak Yang Paling Enak

Bahan Sayur Bening Bayam

  • 2 ikat sayur bayam (buang akarnya, potong, bersihkan)
  • 2 siung bawang merah (dipotong-potong)
  • 2 siung bawang putih (dipotong-potong)
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • gula 1 sendok teh
  • 1/2 liter air mineral
Keterangan: Anda bisa menambahkan sayur-sayur lainnya seperti jagung, gambas, kacang panjang, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Sayur Bening Bayam

  • Panaskan air terlebih dahulu, kemudian masukkan bawang merah dan bawah putih, garam, gula, serta penyedap rasa.
  • Lalu masukkan bayam kedalam air yang telah mendidih dan telah tercampur bumbu-bumbunya.
  • Biarkan kemudian aduk bayam tersebut selama 5 menit, cicipi, dan jika bayam sudah terlihat lembut, angkat serta sajikan untuk menu sehat dan menu makan siang anda hari ini.

Paling nikmat jika dibarengi dengan lauk pauk lainnya, seperti tempe bacem. Demikianlah Resep Sayur Bening Bayam Si Emak semoga bermanfaat bagi kita semua. Resep ini sangat sederhana, namun sangat menyehatkan bagi penderita jantung, diabetes, dan lain sebagainya. Jangan lupa nih bunda, artikel ini tolong dibagikan kepada teman yang lainnya, bisa melalui facebook, twitter sampai instagram anda. Jangan lupa juga untuk selalu dapat artikel dari kami secara otomatis melalui email.
Read More
Resep Makanan Thailand Halal: Daging Saus Kacang Enak

Resep Makanan Thailand Halal: Daging Saus Kacang Enak

Daging saus kacang - menu yang satu ini mungkin berbeda dengan menu yang lainnya, karena berjudul resep daging saus kacang asal thailand halal. Mungkin sebagian pembaca itu aneh mendengarnya, karena awal mulanya didaerah thailand sendiri menggunakan daging babi untuk dijadikan bahan utamanya. Nggak mungkin dong kita yang muslim makan begituan, dan nggak mungkin juga saya memberikan resep-resep makanan haram disini. Nggak akan pernah !!! (tuh tanda serunya tiga kali). Makanya dalam resep ini saya mengganti menggunakan daging sapi, baiklah tanpa berbasa basi lagi kita akan mencoba untuk membuat resep makanan thailand ini untuk hidangan siang anda bersama keluarga atau teman-teman, serta orang terdekat anda. Jika anda tidak ingin memasak yang berbau daging, silahkan baca resep yang satu ini resep rendang ayam suwir, resep makanan khas sunda, nah ini yang berbau tempe yang kaya akan protein resep tempe bacem.

Bahan Daging Saus Kacang

  • 2 buah paprika merah, buang bijinya dan iris
  • 8 ons daging sapi
  • 1/2 cangkir saus teriyaki
  • 1/4 cangkir selai kacang krim
  • 2 sendok makan cairan cuka
  • 1 sendok teh cabe merah yang telah di potong-potong
  • 2 siung bawang putih, (dicincang)
  • 1/2 cangkir daun bawang
  • 1/4 cangkir kacang goreng
  • 2 buah jeruk nipis, dipotong 4 bagian

Cara Membuat Daging Saus Kacang

  • Masukkan potongan paprika merah dan daging sapi kedalam wajan atau penggorengan yang telah dilapisi minyak goreng (pastinya yang telah panas), kemudian tuang cuka, saus teriyaki, cabe merah, bawang putih diatas permukaan daging sapi yang berada didalam wajan.
  • Kemudian tutup wajan hingga matang (dagingnya terlihat kecoklatan dan lembut), kemudian keluarkan.
  • Masukkan selai kacang kedalam wajan hingga agak mendidih, lalu masukkan kembali daging itu kembali kedalam wajan yang dicampuri selai kacang sekitar 5 menit.
  • Kemudian sajikan diatas piring makan yang bersih (pastinya bro), taburkan daun bawang dan sedikit kacang dan jangan lupa peras jeruk nipis diatasnya. Saatnya makan siang deh.

Ciee yang lagi makan pake daging saus kacang ciee, resep makanan thailand ciee pasti lahap ni ye. Oke mbak sis, dan mama sis haha. Kita sudahi dulu resepnya untuk hari ini, besok kita sambung lagi di jam makan siang. "Ada gula ada semut, sampai ketemu sama admin yang imut" (maaf sob, pantunnya itu lagi itu lagi) hahaha. Semoga artikel ini bisa membawa manfaat ya bunda, jangan lupa dibagikan artikel ini, selamat mencoba.
Read More
Inilah 5 Kesalahan Pancake Menjadi Kering Dan Bantat

Inilah 5 Kesalahan Pancake Menjadi Kering Dan Bantat

Kesalahan pancake - selamat pagi para pembaca dimanapun anda berada, pernah mengalami saat membuat resep pancake seperti resep pancake saos coklat ataupun Resep Pancake Layer Dark Cherry namun pada resep di blog lainnya teman-teman pernah mengalami keluhan bahwa pancake yang mereka buat itu kering dan bantat (bantet). Disini kami akan memberikan alasan adonan kue pancake anda menjadi kering dan bantat. Berikut 5 kesalahan pancake menjadi kering dan bantat:

1. Mencampur tepung serbaguna dan tepung kue
Tak hanya tepung premix, Anda bisa membuat pancake dari tepung serbaguna yang dicampur dengan tepung kue sehingga adonannya lebih kental. Setelah itu pastikan semua bahan untuk membuat pancake ditimbang berdasarkan saran dari resep.

2. Jangan menyimpan adonan
Jangan tegoda menyimpan adonan pancake sisa untuk dipakai keesokan hari. Sebaiknya buat adonan beberapa saat sebelum akan dimasak, jika tidak tepung akan menyerap terlalu banyak cairan dan adonan pun terlalu kental sehingga pancake bantat.

3. Mengocok adonan terlalu lembut

Saat mengocok adonan, pastinya ingin adonan yang lembut. Selain itu, Anda bisa mengocok hingga semua bahan kering tercampur dengan bahan basah, tapi berhentilah saat melihat gumpalan. Justru gumpalan tersebut yang menyebabkan pancake semakin mengembang.
5 Kesalahan Pancake Menjadi Kering Dan Bantat
Adonan Terlalu Lembut

4. Minyak yang tidak melapisi wajan
Seringkali, proses pemasakan bisa memicu pancake menjadi kering. Hal ini bisa dihindari jika minyak yang dituangkan ke wajan tidak melapisi permukaan dengan benar. Tuangkan sedikit minyak ke wajan dan ratakan dengan paper towel sehingga tekstur pancake akan lembut.
5 Kesalahan Pancake Menjadi Kering Dan Bantat
Minyak tidak melapisi wajan

5. Pada saat proses memasak adonan terlalu banyak dibalik
Saat adonan dituangkan kedalam wajan, tunggu hingga gelembung mulai terbentuk di permukaannya baru balik pancake. Tidak usah membalik berkali- kali untuk pancake matang sempurna.
5 Kesalahan Pancake Menjadi Kering Dan Bantat

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda, sedikit ulasan mengenai keberhasilan membuat resep pancake untuk hidangan keluarga anda yang berasal dari negara Amerika ini. Semoga bermanfaat informasi 5 Kesalahan Pancake Menjadi Kering Dan Bantat. Pantun bro, "Ada gula ada semut, salam hangat dari saya admin yang imut".
Read More
Resep Rahasia Lasagna Kukus Paling Praktis Asal Italia

Resep Rahasia Lasagna Kukus Paling Praktis Asal Italia

Resep lasagna kukus - bagi anda yang mungkin suka dengan pasta halus dan beragam varian kemudian terbiasa penyajian dengan piring yang bisa disebut dengan lasagna ala italia. Lasagna sudah dikenal sebagai olahan yang lezat dengan rasanya, alasannya karena bahannya cukup banyak, sehingga rasanya akan sedikit berbeda. Lasagna dilakukan dengan berbagai macam pengolahan, contohnya mencoba untuk mencampur dan mencocokkan dengan bahan yang Anda miliki. Berbicara tentang ragam pengolahan, kali ini admin ingin berbagai pengolahan lasagna dengan cara mengukus. Mau tahu cara membuat lasagna kukus tersebut ? Simak resep lasagna kukus berikut ini.

Setelah pada pertemuan kemarin saya memberikan Resep Spaghetti Bolognaise serta Resep Martabak Manis kali ini saya mencoba untuk membahas mengenai Resep Lasagna Kukus Praktis. Maksud dari judul tersebut adalah cara membuat lasagna dengan cara yang praktis. Kemudian Resep Lasagna Kukus Praktis yang akan saya berikan ini mempunyai rasa yang enak dan nikmat serta gurih. Namun, perlu anda ketahui lasagna ini merupakan sebuah pasta yang yang dikukus, makanan ini berasal dari tanah italia yang kita kemas menurut selera lidahnya orang Indonesia. Baiklah mumpung hari sudah hampir maghrib, saya lebih baik langsung untuk membagikan resep yang satu ini.
Resep Rahasia Lasagna Kukus Paling Praktis Asal Italia

Bahan Lasagna Kukus

  • 1 buah bawang bombay (cincang kasar)
  • 1 buah wortel ukuran besar (cincang kasar)
  • 3 sendok makan minyak
  • 1 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1 sendok teh kaldu daging (saya gunakan yang instan)
  • 170 gram pasta tomat
  • 2 sendok makan gula putih atau gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica (lada hitam) bubuk
  • 500 gram daging segar (digiling)
  • 1 sendok teh garam
  • 300 ml air mineral
  • 1 sendok teh origano bubuk
  • 5 buah tomat (cincang kasar tanpa kulit dan biji)

Cara Membuat Lasagna Kukus

  • Tumis bawang bombay dan putih hingga mengeluarkan bau harus khas bawang sekalian bersama wortel.
  • Kemudian daging segar yang telah digiling aduk hingga daging tersebut berubah kecoklatan, dan kemudian masukkan pasta tomat, saus, serta tomat lalu aduk hingga merata.
  • Taburkan merica, gula pasir, origano, garam. Tuang air perlahan-lahan, masaklah dengan api ukuran kecil selama 20 menit lamanya. Kemudian angkat serta sisihkan.

Cara Membuat Saus Lasagna

Bahan Saus Lasagna

  • Bahan Saus Lasagna1 sendok teh pala bubuk
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 3/4 sendok makan mentega
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1200 ml susu cair
  • 220 gram keju cheddar (parut)
  • Cairkan mentega, masukkan tepung, aduk rata.
  • Masukkan susu sambil diaduk merata.
  • Taburkan merica atau lada hitam, pala, serta sedikit garam.
  • Aduk rata bersamaan memasukkan keju, masaklah hingga kental dengan keadaan api yang sedang. Angkat, dan sisihkan.

Proses Terakhir Memasak Lasagna

  • Proses yang pertama yaitu, meletakkan saus daging kemudian meletakkan lasagna diatas saus, kemudian tuangkan lagi saus tersebut hingga menutupi lasagna, jangan lupa taburi dengan saus keju atau saus lasagna.
  • Teruslah melakukan hal seperti diatas, kemudian taburi saus keju dan taburi mozzarela diatasnya.
  • Untuk proses terakhir masukkan kedalam oven pada suhu 185°C hingga matang.
  • Proses pemasakan selesai dan siap dihidangkan.

Demikian resep rahasia dari lasagna kukus ini bunda, bagaimana ? Sangat mudahkan pastinya, sekarang anda bisa mencoba untuk melakukan atau mempraktekkan resepnya di dapur kesayangan anda masing-masing. Semoga artikel kita kali ini bermanfaat seperti artikel sebelumnya ya, oya bunda jangan lupa nih dibagikan artikel terbaru kita melalui sosmed anda. Selamat berbagi ilmu dan selamat untuk mencoba, salam ngiler.
Read More
Mengapa Harus Pos Resep ? Ada Apa Dengan Yang Lain ?

Mengapa Harus Pos Resep ? Ada Apa Dengan Yang Lain ?

Ini resepku mana resepmu - Mungkin dari judul itu kebanyakan yang ditanya oleh para teman-teman yang sering mengirimkan pesannya melalui pesan facebook untuk menanyakan resep belum mereka mengerti, maksudnya resep makanan yang belum ada di daftar isi blog ini resepku mana resepmu ini. Istilahnya mereka meminta untuk dimasukkan postingan baru untuk menu-menu selanjutnya agar mudah mereka buat. Tapi saya selalu bertanya kenapa sih para sahabat setia blog ini bertanyanya selalu saja di pesan facebook kenapa nggak di kolom komentar blog ini saja ? Ada sih beberapa teman yang ninggalin pesan di kolom komentar blog, namun bisa dihitung jumlahnya. Kemudian terlintas difikiran saya untuk bertanya kepada Mbak Dhepy Alsya kebetulan saya sedang asik-asiknya mengkhayal jika saya sudah punya keluarga dan anak ? Hehehe, maklum lagi muda dan pengennya mengkhayal tapi belum mau nikah biasalah pengen menuntut ilmu dulu sebelum punya keluarga.
Ini Resepku Mana Resepmu

Kenapa Sih, Harus Pos Resep ?

Oya tadi saya ngomong kalo bahwa pernah mengajukan pertanyaan kepada Mbak Dhepy, begini nih kira-kira pertanyaannya. "Mbak, kenapa sih mbak itu kalo nyari resep di blog saya. Padahalkan isinya baru sedikit banget yang saya dokumentasiin disini", begitulah kira-kira pertanyaannya. Sambil menunggu balasan komentar dari si Mbak, saya sempetin dah buat nulis konten yang ini kemaren resep spaghetti bolognaise, ketika baru nyampe beberapa kata saya mengecek fans page facebook yang ternyata adalah balasan Mbak Lidya begini kira-kira jawabannya :

Apakah Benar Konten Ini begini ?

Menurut analisa saya mengenai konten yang ada diblog ini sih biasa-biasanya aja, sama seperti yang lainnya. Apalagi semua kontennya nggak rapi, maklumlah saya baru belajar ngeblog. Biasanya ngeblog cuman tentang blog-blog cinta-cinta saja, namun karena sekarang saya doyan banget masak jadi saya putuskan untuk mendokumentasikan apa yang saya ketahui agar ilmu yang saya punya tidak luntur, hitung-hitung kalo saya lupa mau masak ini tapi nggak tahu bahan-bahannya dan caranya bisa saya buka lagi dokumentasi saya.

Rasa Terimakasih Untuk Para Pembaca

Jika benar adanya mengenai cara atau metode saya menulis disini, ya terimakasih banyak-banyak ya mbak. Cukup doakan saja, saya ini panjang umur dan terus untuk mengisi konten yang menarik dan lebih baik pastinya. Oya satu lagi, untuk seluruh pembaca setia pos resep terimakasih sebesar-besarnya. Tapi yang saya mau ya, antara pembaca dan saya sebagai penulis dapat berjumpa dan mengeluarkan ide-ide resep buatan sendiri. Ya maklum, kita sebagai pecinta kuliner ya kudu begini hehe.

Terimakasih kalian barisan para mantan dan semua yang pergi tanpa sempat aku miliki, "Loh min kok nyanyi", maklum admin nulis ini sambil dengerin the rain - terlatih patah hati jadinya tangan saya ya keceplosan disini. Semoga tulisan ini bisa mempererat tali silaturahmi kita bersama, amin, salam ini resepku mana resepmu dan salam ngiler.
Read More
Cara Mudah Membuat Bakso Ikan Simpel Yang Paling Lezat

Cara Mudah Membuat Bakso Ikan Simpel Yang Paling Lezat

Cara membuat bakso ikan - Mirip pada yang kita ketahui secara umum bakso merupakan salah satu kuliner yang paling banyak digemari seantero jagad raya ini. Tetapi makanan yang satu ini harus dan wajib disajikan menggunakan bumbu yang sempurna pada setiap pengolahannya, apalagi yang menjadi pentolan kuliner ini adalah campuran pada bakso nya sendiri. Berawal dan berasal dengan tujuan membantu bunda yang lagi atau sedang membuat bakso ikan, maklumlah karena ibu teman adalah pemilik warung bakso yang terdapat di kota kecil kami ini serta dari saya pribadi kepikiran untuk membuat hasil dokumentasi di blog tersayang agar besok jika sudah berkeluarga bisa membuat bakso untuk suami sendiri hehe, kalo bisa saya akan membuka sebuah warung bakso yang sama macam ibu teman saya. Kini kita akan lanjut ke pembahasan intisari dari tulisan ini yaitu resep bakso ikan fillet yang paling enak.

Variasi bakso sekarang semakin menarik saja, Jika biasanya bakso yang dinimati diolah dengan baik asal daging sapi atau daging ayam serta ikan tanpa memakai isian tertentu, kini banyak pedagang bakso yang menjual bakso sapi atau bakso daging ayam menggunakan menambahkan isian eksklusif, seperti bakso urat yang diisi dengan irisan tendon atau urat juga sebuah daging tetelan sedikit kasar, bakso bola tenis atau yang dikenal menjadi bakso telur yang diisi dengan telur ayam yang di rebus, kemudian bakso gepeng yang biasa dibentuk pipih, bakso ikan ini yang diolah dengan menggunakan daging ikan, serta yang paling lengkap merupakan bakso khas Malang yang mana dihidangkan dengan memakai mie kuning, siomay, memahami, dan pangsit goreng dan banyak sekali hidangan bakso unik lainnya. Berbicara tentang bakso, sebagai pecinta bakso tentunya Anda pernah merasakan bakso ikan, bukan? Anda yang tertarik buat membuat sendiri bakso ikan, bisa mengikuti cara pembuatannya berasal resep bakso ikan berikut.
Baca juga: resep bakso sapi
Cara Membuat Bakso Ikan

Bahan Membuat Bakso Ikan

  • 450 gram ikan fillet, tuna, tenggiri
  • 2 batang daun bawang, iris kasar
  • 60 gram tepung kanji
  • 1 sendok teh garam halus
  • 150 gram es batu
  • 1 sendok teh kaldu ayam
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 2 butir putih telur ayam

Cara Membuat Bakso Ikan

  • Cincang ikan atau langsung di blender supaya halus.
  • Campurkan bumbu-bumbu dan juga campurkan tepung, lalu blender kembali hingga tercampur rata serta campurkan es batu hingga es tersebut halus tercampur dengan bumbu.
  • Sekarang campurkan daun bawah dan putih telur kemudian ratakan dengan cara mengaduknya.
  • Tahap terakhir yaitu membentu adonan yang telah jadi tadi berbentuk bulat dengan menggunakan sendok ataupun telapak tangan (usahakan steril).
  • Kemudian adonan yang telah dibentuk dimasukkan kedalam air yang telah diberikan bumbu-bumbu kuah baksonya, lihat resep kuah bakso.
  • Biarkan bakso matang ditandai dengan bakso mengapung dan bakso ikan lezat siap dihidangkan bersama kuah.
Keterangan: fillet adalah ikan tanpa tulang dan tanpa sisik, biasa banyak terdapat di supermarket.
Begitulah langkah-langkah cara membuat bakso ikan lezat ala ibu teman saya, pada resep yang satu ini saya jamin baksonya kenyal dan terasa sekali rasa ikannya. Untuk ikannya juga saya pengen ngasi tau, bahwa ikan bandeng yang terkenal dengan banyak duri-duri halusnya juga bisa dijadikan sebagai campuran bakso. Tapi lebih bagusnya dibeli melalui supermarket yang menjual ikan fillet bandeng ini, repotkan kalau harus memisahkan duri dari badan si ikan bandeng. Untuk resep lainnya bisa anda simak di menu yang telah kami sediakan, semoga bermanfaat.
Read More
Cara Sederhana Membuat Martabak Manis Yang Super Enak

Cara Sederhana Membuat Martabak Manis Yang Super Enak

Resep martabak manis - biasa martabak manis ini dikenal dengan nama kue terang bulan memiliki bentuk kecil atau mini. Martabak manis yang berasal dari bangka kemudian orang mengenalnya dengan martabak manis bangka ini pernah menjadi media promosi produk tepung bogasari. Martabak cantik ini merupakan kuliner yang biasa dijual oleh pedagang pinggir jalan. Martabak ini sebenarnya sama dengan martabak yang biasa dijual umumnya di pasaran, tetapi yang membedakan adalah bentuknya yang lebih kecil maka itulah sebabnya disebut martabak mini.

Proses pembuatan martabak ini sendiri sama seperti proses martabak biasanya. Hasil dari resep martabak manis ini memiliki tekstur yang sangat sederhana, empuk dan lembut serta memiliki rasa yang sangat bervariasi atau beraneka ragam. Martabak yang sempat booming di kota bandung ini juga pernah sebelumnya di bahan di forum ncc, forumnya para pencinta kuliner indonesia. Hal terpenting adalah semua rasa yang terdapat pada jenis makanan yang satu ini terasa sangat lezat dan empuk, serta yang pastinya, harganya juga sangat murah bila dibandingkan dengan martabak yang ukuran besar seperti martabak mersi atau martabak mesir. Martabak kecil terdiri berasal banyak sekali macam rasa yang lezat misalnya rasa coklat, kacang, keju, pisang, susu serta lain sebagainya.
Baca juga: resep kue 8 jam
Resep Martabak Manis Mini

Untuk melepas lelah anda dalam perjalanan mudik balik ini, setelah sampainya dirumah rebahkan dulu tubuh anda ke sofa dan nikmati suasana rumah anda yang damai itu. Kemudian jika lelah anda terasa hilang, dan tubuh anda sudah kembali bugar tetapi perut anda terasa lapar kami disini mengajak anda untuk membuat martabak manis untuk mengganjal perut lapar anda. Kemudian, bagaimana cara membuat resep martabak yang satu ini mari kita simak bersama kami mengenai cara membuat martabak manis spesial ini.

Bahan Martabak Manis

  • 500 gram terigu
  • 1 sendok makan margarin cair
  • 125 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh pasta vanili
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 600 ml air bersih
  • 1 sendok teh baking powder
  • 100 gram keju, untuk isi
  • 60 ml susu kental manis, untuk isi

Cara Membuat Martabak Manis

  • Membuat adonan martabak, campur tepung, ragi instant, telur, margarin, gula pasir, dan vanili.
  • Masukkan perlahan-lahan air kedalam adonan martabak manis sambil di aduk hingga merata.
  • Kocoklah semua adonan yang tercampur menggunakan mixer, dapat juga menggunakan cara manual selama tujuh menit.
  • Sekarang campurkan baking powder kedalam adonan lalu kembali diaduk hingga merata dengan adonan.
  • Pada proses terakhir membuat adonan ini adalah mendiamkan adonan martabak manis selama kurang lebih 45 menit menggunakan wadah yang tertutup.
  • Finishing, masukkan adonan kedalam wajan yang telah panas dan telah diolesi margarin.
  • Kemudian tuang adonan kedalam wajan, kemudian ratakan.
  • Biarkan hingga permukaan adonan menggelembung dan tutup.
  • Tunggu adonan tersebut menjadi matang, kemudian angkat.
  • Selanjutnya anda harus mengolesi pada permukaan martabak menggunakan margarin.
  • Taburkan parutan keju pada permukaan adonan martabak yang sudak matang dan diolesi margarin tadi.
  • Masukkan susu kental manis pada permukaan martabak, lalu belah menjadi 2 potong bagian.
  • Lipat menjadi setengah lingkaran, dan kemudian buang martabak itu, maksudnya buang kedalam perut alias silahkan dinikmati.
Baca juga: resep martabak india
Dengan demikian resep mudah dan cara membuat martabak manis asal bangka asli dengan bentuk mini sudah bisa anda coba sendiri di rumah dan bisa anda jadikan produk untuk jualan anda disekitar rumah. Lumayankan hasilnya untuk menambah tabungan anda kedepannya. Selain itu yang harus anda tahu dalam resep martabak manis lainnya bisa juga tanpa menggunakan ragi loh, prosesnya diganti dengan air soda. Semoga bermanfaat ya bun untuk artikel resep kita hari ini, salam ngiler.
Read More
Resep Mudah Gulai Kepala Ikan Kakap ala Masakan Padang

Resep Mudah Gulai Kepala Ikan Kakap ala Masakan Padang

Resep gulai kepala ikan kakap - sudah tidak terasa kita telah melewati bulan ramadhan dan kini kita sedang berada dalam bulan syawal jadi tidak terasa kita melewatinya dengan cepat. Semoga kita semua bisa bertemu lagi dengan bulan ramadhan tahun depan ya mbak, neng, jeng, sob, bro, semuanya amin. Tapi sebelumnya saya mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kata-kata pada tulisan saya yang kurang mengenakkan dihati para pembaca sekalian, karena itu semua hanya gurauan semata. Semoga kita mendapat berkah yang tiada taranya dibulan ini ya, amin.

Nah untuk kata-kata kangen pada paragraf diatas kita sudahi dulu ya, pada pertemuan yang membuat kangen kepada para pembaca sekalian. Kali ini saya akan menulis mengenai masakan daerah atau masakan nusantara, dan kali juga saya mencoba mengambil menu dari masakan padang, sumatera barat, Indonesia yaitu mengenai resep masakan padang gulai kepala ikan kakap. Enak ya, opor ayam abis rendang daging ataupun rendang ayam juga sudah habis, kita memasak menu atau Resep masakan padang gulai kepala ikan kakap. Tanpa memperpanjang waktu lagi kita langsung saja mempraktekkannya sambil membaca resep ini.
Resep Gulai Kepala Ikan Kakap

Bahan Gulai Ikan Kakap

  • Kepala ikan kakap 300 gram
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Bawang merah 6 siung
  • Cabai merah 10 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Jahe 4 cm
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kunyit 4 cm
  • Lengkuas (laos) 5 cm
  • Daun kunyit 1lembar
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Daun salam 2 lembar
  • Asam kandis 2 buah
  • Serai 1 batang
  • Santan 1 liter
  • Jeruk nipis 2 buah

Cara Membuat Gulai Kepala Ikan Kakap

  • Cuci hingga bersih kepala ikan kakap, jangan lupa lumuri dengan garam serta jeruk nipis agar bau amisnya hilang.
  • Giling hingga halus atau gunakan blender untuk mengaluskan ketumbar, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan cabe.
  • Bumbu yang telah dihaluskan sekarang ditumis serta masukkan asam kandis, daun jeruk, daun kunyit lengkuas, dan serai kedalam tumisan kemudian masaklah hingga berbau harum.
  • Untuk gulai seharusnya kita menggunakan santan, sekarang masukkan santai sebagian kedalamnya.
  • Kepala ikan yang telah bersih kita masukkan kedalam tumisan yang telah diberi santan, tutup wajan selama 15 menit lamanya.
  • Sekarang kita masukkan santan yang sebagian lagi belum kita masukkan, dan masaklah hingga ikan matang.
  • Masukkan secukupnya bumbu tambahan yaitu gula dan garam, jangan lupa cicipi biar tidak terlalu manis ataupun terlalu asin. Kemudian biarkan hingga gulai tersebut mendidih dan matang, selesai.
Baca juga: resep ikan tongkol balado
Akhirnya kelar lagi pembagian resep masakan dari saya untuk sekian kalinya. Semoga membantu bagi para ibu-ibu yang sedang belajar memasak, atau adek-adek, kakak-kakak yang lagi belajar juga untuk menyiapkan hidangan para calon suaminya nanti. Apalagi abis lebaran ini banyak yang melepaskan masa lajangnya. Apa jangan-jangan pembaca yang sedang baca ini baru jadi pengantin baru, ayo ngaku ayo ngaku. Maaf mbak becanda senda gurau doang biar kagak tegang pada saat membaca tutorial resep ini. Terimakasih ya udah bersedia mampir kesini, besok datang lagi ya mbak jangan lupa oleh-oleh masukan serta pertanyaan mengenai resep-resep yang kami bagikan ini
Read More
Cara Mudah Membuat Tempe Bacem Yang Enak Khas Jawa

Cara Mudah Membuat Tempe Bacem Yang Enak Khas Jawa

Resep tempe bacem - Pada pertemuan kali ini kami akan berbagi mengenai resep masakan sederhana yang dikupas melalui dari salah satu ibu sang penulis yaitu tentang cara membuat tempe bacem yang awalnya berasal dari jawa. Tempe yang terbuat dari kedelai ini memiliki banyak gizi seperti protein dan kandungan gizi lainnya. Selain itu tempe juga merupakan makanan untuk berbagai dan semua kalangan, kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas yang hampir semua memakan jenis makanan yang satu ini.

Bumbu bacem merupakan kuliner yang sangat spesial asli nusantara dengan rasa yang enak serta sangat populer dan terkenal di beberapa daerah mirip pulau jawa, jogja serta sampai daerah sunda bahkan wilayah lainnya bahkan sudah sangat mengenalinya. Resep tempe bacem sebagai acuan cara membuat tempe bacem pada umumnya memakai campuran air kelapa untuk bisa mendapatkan cita rasa yang enak, manis dan juga legit, namun perlu anda ketahui tanpa air kelapa kita juga dapat memasak tempe tersebut dan memahami bacem yang tidak kalah lezatnya. Sebenarnya bila tidak ingin menggunakan air kelapa, kita cukup menggantikannya menggunakan air biasa atau air putih. Tapi buat menambah variasi cara memasaknya, berikut dibagikan pilihan resep mudah yang mampu kita gunakan bahkan cita rasa pedas jua bisa kita masukkan buat menambah variasinya.
Baca juga: resep steak tempe enak
Resep Tempe Bacem Jawa

Kreasi tempe sangat banyak dalam bentuk penyajiannya seperti tempe bacem salah satunya, tempe goreng dengan dibumbui sambal hijau maupun sambal padang, atau tempe atau tahu kecap, bahkan lagi tempe yang dibuat menjadi perkedel tempe. Ya, seperti yang anda ketahui makanan-makanan tersebut merupakan menu-menu yang berasal dari Indonesia lebih tepatnya bisa dikatakan sebagai makanan tradisional ataupun makanan nusantara. Nah, sekarang bagaimanakah cara membuat tempe bacem yang satu ini. Ayo bersiap-siap untuk berkreasi bersama kami, apalagi kalau bukan di ini resepku mana resepmu.

Bahan Tempe Bacem

  • 2 buah kemiri
  • Air mineral 200 ml
  • 4 keping tempe, potong persegi
  • 3 buah bawang merah
  • 3 buah bawah putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok teh garam kasar
  • 1 keping lengkuas
  • Asam jawa secukupnya
  • Gula aren 1 potongan kecil

Cara Membuat Tempe Bacem

  • Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, buah kemiri, garam, proses ini adalah untuk membuat bumbu masakan ini.
  • Masukkan air kedalam penggorengan, kemudian masukkan tempe serta bumbu yang telah dihaluskan tadi.
  • Sekarang masukkan potongan gula aren serta asam jawa kedalamnya, biarkan hingga mendidih dan masakan mengering sehingga tempe tersebut berwarna agak kecoklatan.
  • Setelah itu masukkan satu sendok makan minyak goreng kedalam masakan yang telah mengering, aduk sebentar dan angkat masakan tersebut.
  • Sekarang tempe bacem ala ini resepku mana resepmu telah siap disajikan untuk menu makan siang anda hari ini.
Baca juga: resep tempe goreng kecap
Demikian resep dan cara mudah membuat tempe bacem khas jawa yang sudah anda ketahui. Sekarang mungkin bisa anda coba sendiri di dapur kesayangan anda masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, dan jangan lupa untuk selalu melihat artikel resep masakan indonesia terbaru dan sederhana di blog ini resepku mana resepmu. Untuk lebih mudah, anda bisa mencoba untuk berlanggangan melalui email pribadi anda secara gratis bunda. Selamat mencoba dan salam ngiler.
Read More