Pos Resep akan berfungsi dengan baik menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox
Masakan Khas Imlek Yang Wajib Ada dan Harus Kamu Ketahui

Masakan Khas Imlek Yang Wajib Ada dan Harus Kamu Ketahui

Masakan Khas Imlek Yang Wajib Ada dan Harus Kamu Ketahui

Masakan khas imlek - Hai sobat, sudah lama aku tidak memberikan sedikit tips dari beberapa resep di blog ini. Pasti semua pembaca aku disini menantikan kehadiran tulisan terbaru dari admin yang tidak imut dan tidak cerdas ini hehe. Nah kali ini aku ingin membahas tentang makanan yang wajib ada saat imlek, dan apa saja sih menu wajib ketika imlek tersebut ? Daripada penasaran yuk langsung dibaca tulisan singkat dari admin ini sobat, bagi yang bukan tionghoa wajib tahu nih. Dan untuk teman-teman tiong hoa yang sedang merayakannya, tidak sengaja membaca tulisan ini dipersilahkan untuk menambahkan menu wajib ada saat imlek ini.

Yang pertama itu dan paling utama adalah kue keranjang sobat, bagi kamu yang orang tiong hoa pasti tahu tentang kue yang satu ini. Tapi bagaimana dengan kita yang tidak merayakannya seperti saya ini, jadi disinilah kalian semua akan mengetahui sedikit wawasan tentang suku tiong hoa di Indonesia. Berikut jenis menu wajib saat imlek yang harus kamu ketahui.

Kue Keranjang

Beberapa waktu bahkan tahun lalu admin sudah memberikan tulisan juga loh tentang resep kue keranjang ini. Tetapi tahukah anda bahwa kue keranjang ini adalah makanan yang paling wajib loh. Apa alasannya ?
Kue manis yang bertekstur lengket ini terbuat dengan bahan sederhana yakni berbaha tepung ketan dan banyak campuran gula merah. Jika kita bandingkan dengan kue yang menjadi ciri khas Indonesia, kue keranjang ini hampir mirip loh seperti dodol dan paling penting serta sering disebut oleh rakyat pribumi adalah dengan sebutan dodol Cina.

Kue keranjang biasanya digunakan sebagai sesembahan saat upacara sembahyang kepada semua leluhur meraka. Bentuk bulat kue tersebut biasanya disimbolkan sebagai sebuah harapan bagi keluarga agar dapat selalu bersatu selamanya dan rukun dalam setiap menghadapi cobaan kehidupan untuk setahun yang ada dijalani kedepannya. Kue disusun semakin kecil keatas ini dapat memberi lambang terhadap peningkatan atas rezeki meraka dan diberikan kemakmuran. Nah ada lagi nih sobat, tekstur lengketnya juga ada maknanya loh, yaitu melambangkan keakraban dan kedekatan antar anggota keluarga. Jadi begitulah pentingnya si kue keranjang ini saat imlek.
Baca juga resep kue lapis legit

Jeruk Mandarin

Pernah dong melihat teman tiong hoa kamu saat imlek, pasti ada saja kalau lagi ngumpul oleh - olehnya ya jeruk mandarin ini. Tidak di China maupun Indonesia, pasti kalian pernah melihatnya baik di televisi ataupun ditetangga dekat kalian. Ini bukanlah masakan atau jenis makanan ya, tetapi buah. Ada loh artinya tentang buah jeruk ini. Apa sih arti dan maknanya bagi mereka ? Biasanya jeruk yang dsajikan adalah buah jeruk yang punya daun pada tangkainya. Pasti pernah dong melihatnya, ada dua daun pada setiap buah tersebut. Nah itulah yang biasanya ada saat imlek. Simbol dari buah tersebut adalah merupakan simbol kemakmuran dan kekayaan yang akan selalu terus tumbuh, hal itu bisa anda lihat dari warna jeruk yang kuning keemasan.

Mie Panjang atau Sui Mie
Ada mie instan, mie sagu, mie kuning. Nah sekarang adapula Mie panjang yang disebut dengan Siu Mie! Mie ini biasanya mereka bikin sendiri atau membeli loh. Tekstur yang kenyal dan rasa yang pasti gurih, serta dengan ciri khas panjangnya ini mempunyai sedikit arti yang bermakna bagi mereka yakni sebagai simbol panjang umur, kebahagiaan yang panjang dan rejeki yang sangat melimpah.

Menu Ayam, Ikan dan Babi!

Tidak lengkap rasanya saat imlek tidak ada ketiga menu ini di meja makan. Hidangan yang sangat spesial saat imlek loh. Dari ketiga menu ini punya simbol masing - masing loh disetiap menunya. Pertama, ikan yang bermakna sebagai simbol keberuntungan dan jika disajikan secara utuh bersimbolkan sebagai keutuhan sebuah keluarga besar mereka. Yang kedua adalah menu ayam melambangkan sifat keserakahan! Nah ini yang paling menarik. Babi! yang kita kenal sebagai hewan pemalas, dilambangkan agar sifat yang buruk ini tidak masuk di dalam rumah mereka.

Apa Lagi Ya! Menu Imlek Yang Kamu Ketahui ?

Wah, yang admin ketahui hanya sebatas jenis masakan dan makan diatas loh. Apa ya kira - kira ? Bagi teman - teman yang bisa menambahkannya bisa nih langsung di kolom komentar. Hari ini kita saling berbagi wawasan sederhana tentang imlek, meskipun saya tidak merayakannya. Coba deh sekarang Share keteman - teman kamu yang tahu, apalagi coba share ke teman tiong hoa kamu biar mereka sebutkan.

Mungkin itulah sedikit wawasan admin tentang menu masakan saat imlek sobat, jadi jangan lupa like dan comment apa yang kamu ketahui di artikel ini ya. Caranya langsung komentar kok, mudah bukan ?
Baca deh cara membuat kue bulan khas imlek
Read More
Cara Mudah Membuat Ceker Setan Malang Super Pedas Gila!

Cara Mudah Membuat Ceker Setan Malang Super Pedas Gila!

Cara Mudah Membuat Ceker Setan Malang Super Pedas Gila!

Resep ceker setan malang super pedas - Assalamualaikum bunda dan semua sobat pos yang sedang membaca artikel cara membuat ceker setan ini. Beragam banget loh tentang resep ceker pedas gila ini sobat, contohnya saja nama yang digandrungi yaitu ceker mercon dengan rasa pedas yang menggelegar. Tepatnya di kota Malang menu kuliner ini berasal, tekstur ceker ayam yang empuk dan ber kuah ini membuat era baru dalam dunia kuliner Indonesia. Nah selain itu ada pula yang pernah admin ketahui yaitu ceker lapindo, untuk resep ceker lapindo bisa anda cari di blog ini ya guys. Nah sekarang kita akan membahas bagaimana sih cara membuat ceker setan lunak dan sangat lunak ini, mari simak pembahasan lengkapnya disini.

Tentang resep ceker ayam setan ini sebenarnya sudah lama loh ada, dan sebelumnya belum pernah populer seperti saat ini di daerah malang. Masakan ceker ayam ini sebenarnya sudah menjadi resep turun temurun orang jawa loh, waktu admin kecil hingga dewasa seperti ini ibu juga masih menyajikan masakan paling enak seperti yang satu ini loh sobat. Di bandung juga ada, hampir sama sih cara membuat ceker setan bandung dengan malang tetapi tetap yang saat ini dicari ya masakan ceker dari kota malang. Meskipun ceker ini jenis masakan sederhana, turis lokal maupun luar yang jalan ke kota malang paling sering nih mencari makanan ini, sama halnya seperti gudeg yang ada di jogja.
Simak juga resep ayam bakar kecap
Bagi anda yang berada jauh dari kota malang, alangkah baiknya mencobanya sendiri. Oya sobat, sebagai pengetahuan bahwa seblak ceker setan ada juga loh. Tahukan seblak, itu loh resep asli yang datang dari kota kembang, Bandung. Resepnya nanti dipertemuan berikutnya ya, sekarang kita fokus dahulu untuk mengetahui bagaimana cara membuat ceker setan ini, mau yang ber kuah atau tidak, terserah anda hehe. Pokoknya ceker yang paling enak dan lunak super pedas bagi anda suka pedas. Silahkan yuk lihat bahan, resep ceker setan dan cara membuatnya yang enak dibawah ini.

Bahan Ceker Setan

  • 1 kilogram ceker ayam, buang kulit dan kukunya
  • 2 batang serai memarkan
  • 4 cm jahe memarkan
  • 2 lembar daun pandan
  • 4 lembar daun jaruk purut
  • 1 buah jeruk nipis ambil airnya
  • 400 ml air
  • Garam dan gula secukupnya

Bumbu Ceker Yang Dihaluskan

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah kriting
  • 6 buah cabe rawit
Baca juga cara membuat nugget ayam

Cara Membuat Ceker Setan Sederhana

  • Lumuri ceker dengan garam hingga rata, diamkan selama 25 menit. Kemudian goreng sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  • Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, daun pandan dan jahe, aduk hingga harum dan matang.
  • Masukan ceker kemudian aduk rata. Tambahkan air, garam dan gula. Kecilkan api, agar bumbu meresap dan matang.
  • Jika kuah mengental masukan perasan air jeruk nipis, lalu angkat dan segera hidangkan untuk keluarga, selesai.

Demikian resep cara membuat ceker setan dengan tulang lunak yang paling enak. Tulisan ini bisa kalian coba loh di rumah, jangan hanya membacanya saja, diwajibkan untuk berbagi ya hehe. Oya bunda, beberapa hari ini lagi booming kue napoleon loh dan kue ini outlet nya bernama medan napoleon. Anda tahu siapa yang punya ? Irwansyah! Itu loh penyanyi lagu pecinta wanita suaminya Zaskia Sungkar. Nah, mau tau cara rahasia membuat napoleon ala Irwansyah ? Silahkan baca resep kue napoleon medan jika penasaran, dan ingat resepnya dibagikan, wassalam.
Baca juga: resep ayam bakar madu jahe yang paling lezat
Read More
Resep Pisang Goreng Kipas Crispy Bunda Shanty Sushanty

Resep Pisang Goreng Kipas Crispy Bunda Shanty Sushanty

Resep Pisang Goreng Kipas Crispy Bunda Shanty Sushanty

Resep pisang goreng kipas crispy - Hallo sobat pos, kali ini kita datang lagi nih dengan berbekal resep dari bunda shanty sushanty di grup menu resep kue. Nah kali ini ini beliau ingin membagikan resep pisang goreng kipas kremes dan bisa ditambahkan dengan taburan coklat juga keju agar renyah nyoi. Sebelumnya admin ingin memberitahukan bahwa bahan yang digunakan bukanlah buah dari pohon pisang kipas ya, melainkan pisang raja, pisang tanduk atau pisang uli. Bentuk akhirnya saja dibuat seperti kipas sobat dan cara memotong pisang kipas ini harus benar jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal.

Di kalimantan dan pekanbaru sebenarnya banyak sih terdapat pohon pisang kipas, namun terlalu jauh haha. Kok ngobrolin pisang kipas sih bun ? Ayo lanjut pembahasannya tentang cara membuat adonan pisang goreng yang renyah ini hehe. Baiklah, tanpa berbasa basi lagi dikarena kan ditempat bunda shanty sushanty lagi hujan, dan suaminya mau dibikin pisang goreng kipas untuk menemani kemesraan mereka hehe, maka dari itulah tips ini tercipta oleh beliau. Tulisan perdana dari beliau ini mungkin bisa anda coba ya di rumah, dan ingat cara memotong pisang nya agar berbentuk kipas harus benar, berikut resep pisang goreng kipas crispy ala shanty sushanty.


Bahan Pisang Goreng Kipas

  • 8 Pisang uli atau raja, atau 4 pisang tanduk bagi 2 tentunya yang sudah matang loh dan tidak terlalu lembek
  • 200 gram tepung beras
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 35 ml santan kental
  • 1 kuning Telur
  • 1/2 sendok teh kapur sirih larutkan dengan 1 sdm air
  • 2 sendok makan gula putih
  • Air secukupnya dan vanili


Cara Membuat Pisang Goreng Kipas Krispi

  • Pertama yang harus dilakukan adalah mencampur semua bahan kecuali pisang nya, aduk hingga tercampur rata. Tapi ingat! Jangan terlalu encer.
  • Buka pisang dari kulitnya, dan kemudian potong pisang memanjang dan jangan sampai terpotong lepas, nanti bentuknya tidak seperti kipas loh hehe.
  • Celup pisang kedalam bahan adonan campuran tepung dan sekarang siapkan atau panaskan minyak secukupnya di dalam penggorengan.
  • Terakhir goreng pisang tersebut, lalu siram permukaan pisang agar ada butiran tepung yang mengapung. Setelah matang lalu lalu tiriskan kembali di kertas roti dan pisang goreng kipas siap disantap bersama suami tercinta hehe.

Nah itu dia resep dan cara membuat pisang goreng krispi ala bunda shanty sushanty guys, bagaimana ? Mudahkan ? Paling nikmat menyantapnya saat turun hujan dan pastinya bersama suami, seperti bunda kita ini hehe. Yuk bagi kalian yang ingin mengirimkan tulisan resep masakan dan resep kue nya bisa langsung melalui email yang ada di grup dan status facebook sang admin yang tidak terlalu cakep ini haha. Semoga bermanfaat ya bun, wassalam.
Baca juga resep bakpao karakter doraemon
Read More
Cara Membuat Semur Jengkol Yang Enak Dan Tidak Berbau

Cara Membuat Semur Jengkol Yang Enak Dan Tidak Berbau

Cara Membuat Semur Jengkol Yang Enak Dan Tidak Berbau

Resep semur jengkol betawi asli - Hallo sobat pos, apa kabar kalian semuanya ? Bagaimana dengan resep - resep masakan yang sudah admin bagikan tempo hari, apakah sudah dicoba dan bermanfaat ? Jika bermanfaat mohon dibagikan kepada teman yang lainnya ya, agar teman yang lain juga bisa mencoba serta mengetahui beberapa cara memasak seperti yang tertulis di blog ini resepku mana resepmu bunda. Nah kali ini admin akan berbagi tentang bagaimana cara membuat semur jengkol yang lezat. Untuk resep semur jengkol sebenarnya berasal dari Indonesia, untuk asalnya admin belum tahu. Karena semur jengkol ada yang bilang asli dari suku betawi yaitu kota jakarta dan ada pula yang menyebutkan bahwa resep semur jengkol itu khas dari sunda, jawa barat. Mau resep semur jengkol betawi dan sunda, yang jelas sama-sama nikmatnya.

Bicara tentang semur jengkol nih, di daerah padang memiliki keistimewaan tersendiri yaitu dibuat menjadi rendang loh sobat. Untuk resep rendang jengkol padang yang spesial ini akan admin bahas dipertemuan berikutnya, sebenarnya betawi juga bisa sih membuat rendang jengkol tersebut, tapi yang namanya rendang pasti dari sumatera barat, nah dan hari ini kita akan fokus membahas resep semur jengkol khas betawi asli dan semur jengkol khas sunda karena kedua daerah ini menggunakan bahan dan cara membuat semur jengkol yang sama. Biasanya semur itu memiliki campuran beberapa bumbu, seperti ketumbar, cabe atau cabai, garam dan tidak lupa kecap. Nah untuk membuat semur jengkol kita menggunakan kecap bango, karena mampu membuat rasa semurnya menjadi enak.
Baca juga resep semur telur puyuh
Bagi setiap orang mengkonsumsi jengkol seringkali membuat perut eneg, tenggorokan ngga nerima dan yang paling parahnya lagi adalah bau mulut atau nafas tidak segar dan terakhir jika buang air kecil itu hemm bau nya minta ampun. Tapi kali ini blog ini resepku mencoba untuk membuat resep semur jengkol tidak bau jika di makan sehingga menjadi menu utama makan siang anda yang spesial ala sunda dan betawi. Masakan ini ada dua bahan pembuatannya yaitu menggunakan kecap yaitu semur kecap dan semur jengkol balado khas padang dengan rasa pedas nya. Untuk rasa semur jengkol yang sederhana dan paling enak ini bisa di campur santan atau tidak, dan yang terpenting tekstur empuk dari jengkol itu sendiri harus diperhatikan sobat.

Banyak yang bertanya, apakah bahan dan cara membuat semur jengkol yang enak agar tidak bau ini susah bunda ? Apakah bisa kita membuat jengkol itu tidak ber bau ? Anda tenang saja sobat, dengan melihat artikel ini cara membuat semur jengkol khas sunda atau semur jengkol betawi kecap ini akan sangat mudah sekali, dalam waktu lima menit anda sudah bisa menyantapnya dan paling penting adalah tidak bau setelah mengkonsumsinya. Langsung saya ya guys, untuk membuat semur jengkol empuk ini anda bisa membaca dan melihat bahan serta cara pengolahannya, berikut cara singkat untuk anda.

Bahan Semur Jengkol

  • 600 gram jengkol, direbus
  • 6 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 7 buah kemiri
  • 6 butir cengkeh
  • 2 buah pala
  • Air bersih secukupnya
  • Lada atau merica secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • Kecap manis bango secukupnya
Baca juga cara membuat semur tahu

Cara Membuat Semur Jengkol Kecap

  • Langkah pertama, tumis bumbu yang dihaluskan, seperti bawang putih, kemiri dan bawang merah menggunakan minyak goreng
  • Kedua, masukkan jengkol yang sudah direbus dan ditumbuk agar empuk. Masukkan jengkol tersebut kedalam bahan tumisan dan tambahkan kayu manis, buah pala, cengkeh dan terakhir tuangkan air secukupnya.
  • Nah kemudian masukkan merica, gula jawa dan terakhir adalah garam halus, biarkan sebentar lalu cicipi. Jika rasanya sudah pas, tinggal menunggu bumbu meresap dan jika belum silahkan tambahkan bumbu yang kurang bun. selesai.
  • Tips anti bau ala ini resepku mana resepmu: pertama ketika merebus jengkol, ganti air rebusan sebanyak tiga kali saat masa perebusan atau bisa juga air rebusan anda tambah dengan daun jeruk nipis, daun jambu biji guys. Nah setelah makan atau mengkonsumsi silahkan ambil timun untuk penutupnya agar tidak bau setelah makan semur jengkol, selesai.

Guys, resep dan cara membuat semur jengkol kecap khas sunda betawi yang enak dan tidak bau ini sudah selesai guys. Sekarang tinggal anda coba di rumah masing-masing, dan untuk tips agar tida bau silahkan anda pilih ya, atau setelah makan semur jengkol anda bisa menggosok gigi anda agar baunya tidak nempel hehe. Terakhir yang admin minta dari kalian adalah, jangan lupa berbagi baik itu berbagi semur nya kepada admin atau membagikan resep semur jengkol ini kepada teman kalian melalui facebook dan twitter. Untuk rendang jengkol khas padang nantinya akan menjadi pembahasan kita selanjutnya ya, jadi tunggu saja semoga bermanfaat.
Simak juga: cara membuat tempe bacem
Read More
Cara Mudah Membuat Pepes Ikan Segar Yang Paling Gurih

Cara Mudah Membuat Pepes Ikan Segar Yang Paling Gurih

Cara membuat pepes ikan - Satu jenis kuliner yang mungkin dapat admin sajikan untuk resepnya kali ini yaitu pepes, yang dimana makanan ini merupakan salah satu masakan original bangsa indonesia, terutama dibagian pulau jawa dekat daerah sunda. Cita rasa dari pepes ini memiliki rasa yang gurih dan pedas, amat cocok loh bagi keluarga yang ada di indonesia terutama untuk keluarga – keluarga yang doyan makan sambal, apalagi sambal terasi.

Rata - rata proses pelaksanaan membuat pepes yakni lewat proses kukus atau tepatnya adalah pengukusan dan ingat ya guys, pepes diproses bukan dengan cara di goreng loh, maka dengan itu mayoritas pada kandungan gizi dari bahan pepes nya pasti tak akan hilang lantaran proses pemasakannya dengan cara seperti itu. Isi dari pepes pada umumnya adalah ikan, daun kemangi, rempah – rempah hingga termasuk daun singkong, maka dari itu masakan tradisional ini menciri khas kan suatu masakan asli sunda.

Pepes yang biasanya terbuat dari bahan dasar ikan ini kebanyakan disebut dengan pepes ikan bunda, pasti sudah tahulah kan ya. Nah ikan yang dipakai sebagai proses pepes ikan ini ada banyak jenis dan kategori nya serta bisa diolah untuk menjadi pepes, seperti contohnya pepes ikan kembung, ikan mas, ikan patin, pepes ikan nila, ikan tenggiri, pepes ikan peda, ikan teri, pepes ikan tongkol dan beragam ikan laut atau lainnya tergantung selera anda bunda. Tetapi diutamakan yang lebih condong mempunyai daging ikan yang kering jika sesudah dimasak, tak lembek seperti ikan gurame guys. Pada umumnya proses pengerjaan pepes biasa lewat proses kukus, dan bukan digoreng, ingat itu ya. Maka dalam tiap hidangan, kandungan gizi dari bahan pepes nya tak hilang lantaran proses pemasakan itu tadi.

Tepat di warung - warung makan sunda atau yang lebih tepat disebut dengan sundaan ada lebih banyak menu ikan pepes yang menjadi salah satu andalan di warung sunda tersebut. Alasannya llantaran tidak sedikit orang ataupun turis domestik yang menggemari masakan khas sunda satu ini, selain enak juga sehat disebabkan banyak mengandung Omega3 serta panganan ini diolah tanpa menggunakan banyak minyak sehingga memiliki minyak jenuh yang tak berbahaya bagi tubuh kita ini bunda.

Sebenarnya cara membuat pepes ikan ini tidaklah susah – susah sekali, asalkan anda pandai dalam memilih ikan yang bakal diperlukan dan tahu resep pepes ikan yang sangat dijaga kerahasiaannya dan bagaimana kiat untuk mengolah pepes ikan ini supaya tak amis atau anyir. Disini admin miliki sedikit solusinya untuk para wanita dan perempuan lajang serta para mama - mama dirumah nih, dicobain ya nanti di rumah atau yang sedang siap – siap untuk memasak beruntung banget bisa ketemu tulisan ini sehingga kamu semua bisa membuatnya untuk orang – orang disekitar dan orang yang spesial dalam hidup kamu.
Cara Mudah Membuat Pepes Ikan Segar Yang Paling Gurih
Bagi kamu yang suka pedas pasti mampu membuat masakan dari resep pepes ikan ini yang pedas dan gurih sesuai selera, tapi jika kamu yang tak menyukai rasa pedas sangat cocok sekali untuk mencoba membuat dengan sedikit cabe, namun rasa gurihnya akan lebih terasa dominan. Pepes ikan teramat nikmat buat keluarga di hunian termasuk juga si kecil mungil anda, sebab kandungan gizi yang berupa protein dari ikan amat berguna bagi masa pertumbuhan.
Baca juga: resep pepes ikan tongkol
Nah kini saatnya yang penasaran dengan resep cara membuat pepes ikan ini dipersilahkan merapat di blog posresep – ini resepku mana resepmu, terutama untuk para bunda dan mama yang sedang pengen mencicipi pepes ikan. Karena admin bakal berbagi resep pepes ikan yang sangat enak rasanya serta harum baunya, bakalan habis tiga porsi deh pokoknya. Langsung saja yuk kita intip bahan dan proses memasaknya, gampang apa susah ya? Penasaran? Langsung deh kamu simak semuanya dibawah ini, cekidot dan selamat mencoba.

Bahan Pepes Ikan

  • 6 ekor ikan kembung
  • 11 buah kemiri
  • 7 siung bawang merah
  • 6 buah cabe merah (sesuai selera)
  • 7 lembar daun salam
  • Kaldu bubuk jika ada
  • Gula secukupnya
  • 1 buah tomat potong tipis
  • Daun kemangi secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • Daun pisang secukupnya, bersihkan

Cara Membuat Pepes Ikan

  • Pertama, cuci bersih ikan terlebih dahulu, sisihkan.
  • Haluskan bumbu yang diperlukan seperti cabe merah, bawang merah dan buah kemiri, sisihkan guys.
  • Masukkan bumbu yang telah dihaluskan diatas tadi ke dalam ikan, masukkan kaldu, gula pasir dan pastinya garam halus.
  • Sekarang susun ikan yang sudah dikasih bumbu kedalam daun pisang yang sudah dibersihkan, masukkan daun kemangi dan juga daun salam. Lipat, dan kemudian tusuk bagian ujung daun agar merekat rapat.
  • Siapkan kukusan, lalu kukus hingga bumbu meresap kurang lebih ½ jam hingga ikan matang dengan sempurna, terakhir jika ingin dibakar silahkan dibakar sebentar, selesai.
  • Oya terakhir lagi, siapkan sambal, nasi, dan kerupuk untuk pelengkap mengenyangkan perut lapar anda guys.
Keterangan: nah mama yang ada di rumah, bunda yang lagi di dapur, kalian kudu tahu nih bahwa semua ikan yang anda inginkan bisa dijadikan pepes loh dengan syarat tidak begitu lembek hasilnya. Contohnya ikan kembung dan ikan patin, tenggiri serta ikan yang sudah admin jelaskan tadi.
Bagaimana bunda, resep rahasia cara mudah membuat pepes ikan ini sudah terungkap bukan? Saat para bunda dan mama yang berbagi ilmunya dengan cara berbagi artikel ini melalui jejaring sosial ya, atau jangan lupa subscribes kami melalui email loh. Mengapa? Agar anda bisa mengetahui artikel terbaru dari blog kami ini, kece kan? Nah saatnya admin pamit undur diri terlebih dahulu, dilain kesempatan akan admin bagikan resep - resep ikan dan resep masakan yang lainnya ya untuk semuanya. Selamat membaca ini resepku mana resepmu guys.
Read More